Optimalisasi Pencatatan Administrasi Pergudangan dengan Kegiatan Stock Opname (Studi Kasus PT XYZ)
(Studi Kasus PT XYZ)
DOI:
https://doi.org/10.35797/jab.14.1.1-8Kata Kunci:
gudang, stock, administrasiAbstrak
Pergudangan mengacu pada aktivitas yang melibatkan penyimpanan produk dalam skala besar dengan cara yang tepat dan mencapai ketersediaannya kapanpun diperlukan. Di dalam suatu perusahaan, gudang memiliki makna yang sangat penting bagi aliran barang untuk perusahaan tersebut. Gudang merupakan bangunan tempat menyimpan barang untuk tujuan komersial dan digunakan oleh berbagai pemangku kepentingan termasuk produsen, importir, eksportir, grosir, dan bisnis transportasi. Gudang merupakan aspek kunci rantai pasokan modern dan memainkan peran penting dalam keberhasilan, atau kegagalan perusahaan saat ini Stock opname merupakan kegiatan menghitung barang antara data sistem dengan fisik di lapangan. Stock opname merupakan kegiatan pendataan ulang dan pemeriksaan barang perusahaan secara menyeluruh untuk memelihara kualitas koleksi dan memaksimalkan kegiatan pengembangan persediaan suatu perusahaan. Pada pelaksanaan stock opname perusahaan dapat melakukan kontrol, sehingga dapat memantau dan mengetahui barang yang dimiliki. Untuk menentukan besarnya manfaat stock opname bagi perusahaan sangatlah penting, karena stock opname memiliki efek langsung terhadap pendapatan perusahaan
Referensi
Jeremi, M. V. (2021). Analisis Implementasi Stock Opname Internal pada Manajemen Pergudangan Perusahaan (Studi Kasus: PT. Granitoguna Building Ceramics). Serambi Engineering, Volume VI, No. 1, 1-8.
Kusuma, Y. (2017). Analisis Sistem Manajemen Pergudangan pada CV. Sulawesi Pratama Manado. Jurnal EMBA, 1-10.
Maulana, A. (2022). Analisis Risiko Penerapan Warehouse Management System pada Proses Inbound di Gudang Cold Storage. Jurnal Sistem Transportasi & Logistik, 1-6.
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. Inersia, Vol. XVI No. 1, 2.
Pitoy, H. W. (2020). Analisis Manajemen Pergudangan Pada Gudang Paris Superstore Kotamobagu. Jurnal EMBA, 1-9.
Rahman, F. H. (2023). Analisis Penggunaan Lean System Terhadap Alur Pelayanan Pada Gudang di PT XYZ. Revenue : Lentera Bisnis Manajemen, 1-15.
VolumSajidin, R., & Wahyuningsih, D. (2019). Pengaruh penerapan Warehouse Management System Terhadap Pelayanan Pelanggan pada PT Pesaka Loka Kirana. Jurnal manajemen dan Bisnis, 05(02)e VI, No. 1, Januari 2021, 1-8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.