Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Produk Fashion Kulit Halal

Penulis

  • Wandi Suwarno wandisuwarno99@gmail.com
  • Anita Priantina Institut Agama Islam Tazkia

DOI:

https://doi.org/10.35797/jab.14.1.33-42

Kata Kunci:

knowledge, behavior, religiosity, and intereset in buying

Abstrak

Fashion kulit mencakup pakaian yang terbuat dari kulit hewan dan digunakan secara luas dalam pembuatan berbagai item, termasuk jaket, sepatu, tas, dan aksesori. Popularitas ini disebabkan oleh nilai estetika yang tinggi dan daya tahan produk fashion kulit. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pengetahuan, sikap, dan religiusitas terhadap niat pembelian produk fashion kulit. Dengan pendekatan kuantitatif, data utamanya dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan di antara penduduk Bogor. Analisis dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan SmartPLS 3.0. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian produk fashion kulit di kota Bogor. Yang membedakan studi ini dari yang lain adalah pendekatan uniknya dalam memahami perilaku konsumen dalam memilih produk fashion kulit di Bogor. Sementara studi sebelumnya terutama berfokus pada variabel seperti harga dan kualitas produk, studi ini memperkenalkan variabel pengetahuan, sikap, dan religiusitas untuk mengukur tingkat minat pembelian. 

Biografi Penulis

Wandi Suwarno, wandisuwarno99@gmail.com

Fashion leather includes garments made from animal skins and is used extensively in the manufacture of various items, including jackets, shoes, bags, and accessories. This popularity is due to the high aesthetic value and durability of leather fashion products. This study aims to investigate the influence of knowledge, attitude and religiosity on the purchase intention of leather fashion products. Using a quantitative approach, data was primarily collected through questionnaires distributed among the residents of Bogor. The analysis was conducted using the Partial Least Square (PLS) method with the assistance of SmartPLS 3.0. The results show that knowledge, attitude, and religiosity have a significant influence on the purchase intention of leather fashion products in the city of Bogor. What sets this study apart from others is its unique approach to understanding consumer behavior in choosing leather fashion products in Bogor. While previous studies have mainly focused on variables such as price and product quality, this study introduces the variables of knowledge, attitude, and religiosity to measure the level of purchase interest. 

Referensi

Abror, A. I. Al. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jaket (Studi pada Konsumen UD. Bachtiar Desa Kludan, Tanggulangin). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2013), 1–7.

Arifka, I. (2022). Elastisitas Permintaan Produk Fashion Muslim di Buik House Of Riamiranda Kota Mataram. Skripsi, 27. www.aging-us.com

Asnawi, A., & Augustinah, F. (2015). Pengaruh Faktor Sosial dan Personal terhadap Sikap Konsumen dan Minat Beli Barang Fashion Palsu. Jurnal Ilmu Administrasi, 12(2), 331–320.

Badan Pusat Statistik. (2022a). Perkembangan Indeks Produksi Industri Manufaktur 2022. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/5e4e151b11a295b0e8e2455d/perkembangan-indeks-produksi-industri-manufaktur-2022.html

Badan Pusat Statistik. (2022b). Proyeksi Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan di Kota Bogor (Jiwa), 2022. https://bogorkota.bps.go.id/indicator/12/174/1/proyeksi-jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-di-kota-bogor.html

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern Methods for Business Research, 295(2), 295–336.

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.

Esposito Vinzi, V. (2010). Handbook of partial least squares: Concepts, methods, and applications. Springer.

Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, N. A. P., Al Qadri, F., Harahap, D. I. Y., Situmorang, M., & Wulandari, S. (2023). Analisis Perkkembangan Industri Manufaktur Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(5), 1444–1450. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i5.2918

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Ibnunas, B. G. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada CNI Street Food di Jakarta Barat). Skripsi, 6.

Irawan, M. S. (2022). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sepatu Berbahan Kulit Babi (Studi Pada Toko Sepatu Vicho Labuhan Ratu Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Skripsi.

Kurniawan, R., Alimusa, L. O., & Hakim, A.-A. A. (2022). Pengaruh Religiusitas , Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Halal Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Religiusitas ( Studi Di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara ). 8(03), 2748–2754.

Lestari, E. P., & WSU, I. (2017). Analisis Kinerja Industri Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 17(1), 183. https://doi.org/10.17970/jrem.17.170115.id

Mahyarni, M. (2013). Theori TRA Behavior(Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El- Rizasah, 4(1), 13.

Maulidia, H. (2022). Pengaruh Ketertarikan Harga, Trend, Religiusitas Terhadap Minat Beli Pakaian Syar’i Wanita ( Studi Pada Mahasiswi Program Ekonomi Islam FEB Universitas Syiah Kuala ). Skripsi.

Muhaditia, Narawati, P. C., & LLisnawaty, R. Y. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral, 1(1), 138–153. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx

Pancapalaga, W., & Adiyastiti, B. (2021). Analisis sikap konsumen terhadap produk barang dari kulit samak ukir dan barang kulit tidak diukir. Journal.Feb.Unmul.Ac.Id, 17(1), 30–34.

Priadana, M. S., & Sunarsih, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.

Priantina, A., Akbar Muhammad, H., Alfiani, T., & Syahnum, M. (2023). Gen Z and Support Towards Islamic Commercial and Social Finance Integration. Azjaf, 4(2), 25–48.

Priantina, A., & Safeza Mohd Sapian. (2021). The impact of COVID-19 on millennials’ consumption behavior and halal preference: Does religiosity matter? The Journal of Muamalat and Islamic Finance Research, 19(2), 125–135. https://doi.org/10.33102/jmifr.v19i2.466

Priantina, A., & Sapian, M. (2023). SERTIFIKASI HALAL DI INDONESIA PENDAHULUAN Bagi Muslim , halal adalah syarat wajib dalam melakukan konsumsi . Segala jenis konsumsi barang dan jasa diperbolehkan asalkan halal . Konsep halal tidak hanya terbatas pada sifat komoditasnya ( lidzatihi ), teta. 2(1), 95–118.

Putra, S. C. (2017). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Strap Leather King. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(5), 574–583.

Rahayu, S. E. P. (2011). Potensi Industri Kreatif Bidang Fashion. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 6, No 1, 619–631. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/30876#:~:text=Salah satu subsektoral dari industri,konsultasi dan distribusi produk fashion.

Ratnaningsih, G. A., & Wahyuningsih, S. endah. (2022). Nilai Estetika Tas Wanita Motif Batik Dengan Pemanfaatan Limbah Serabut Kelapa Dan Kombinasi Kulit Sapi. Fashion and Fashion Education Journal, 11(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/ffej.v11i1.55674

Sari, S. K., & Syatar, A. (2021). Penggunaan Item Fashion Berbahan Kulit Hewan Haram Konsumsi; Studi Perbandingan Ulama Mazhab. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum, 828–841. https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i3.23732

Sarstedt, M., Ringle, C. M., Cheah, J.-H., Ting, H., Moisescu, O. I., & Radomir, L. (2020). Structural model robustness checks in PLS-SEM. Tourism Economics, 26(4), 531–554.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.

Syakur, M. S., Hendrati Dwi Mulyaningsih, & Yudha Dwi Nugraha. (2023). Pengaruh Harga dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Toko Fassex Leather di Kabupaten Garut). Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2), 616–621. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i2.7753

Tjahjoni, V. P. (2020). Faktor-Faktor Yang Membentuk Minat Beli Konsumen Magnum Leather. 4.

Tojiri, Y., & Afipah, I. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 216–223.

Tyaswara, B., Rizkina Taufik, R., Suhadi, M., Danyati, R., & Bahasa Asing BSI Jakarta, A. (2017). Pemaknaan Terhadap Fashion Style Remaja Di Bandung. Jurnal Komunikasi, 3(September), 2579–3292.

Vinzi, V. E., Trinchera, L., & Amato, S. (2010).

Diterbitkan

2024-04-09

Cara Mengutip

Wandi Suwarno, & Anita Priantina. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Produk Fashion Kulit Halal. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 14(1), 33–42. https://doi.org/10.35797/jab.14.1.33-42

Terbitan

Bagian

Articles