Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating

(Studi Pada Perusahaan Cosmetics And Household Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Penulis

  • Resti Universitas Teknokrat Indonesia
  • Candra Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35797/jab.14.1.48-59

Kata Kunci:

Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Abstrak

Perusahaan subsektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2022 akan di lakukan analisa pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan di moderasi dengan corporate social responsibility. Menggunakan metode kuantitatif karena data yang diperoleh berupa angka-angka yang berasal dari laporan tahunan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pertimbangan kriteria tertentu. Teknik analisis data menggunakan software SmartPLS versi 4.0 menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Semakin besar profitabilitas maka akan semakin tinggi nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan dimoderasi oleh corporate social responsibility (CSR). Semakin besar profitabilitas yang diperkuat oleh corporate social responsibility (CSR) maka nilai perusahaan akan semakin meningkat.

Referensi

Andriyanti, S. P. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Brigham, E. F. Dan J. F. Houston. 1997. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Sembilan Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Bursa Efek Indonesia Laporan Keuangan Tahunan 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022 (diakses di https://www.idx.co.id).

Hermawan, S., Sari, Y.A., Biduri, S., Rahayu, R. A. (2023). Corporate Social Responsibility, Firm Value, and Profitability: Evidence from Pharmaceutical Companies in Indonesia and Malaysia. Interen. Journal of Profess.Bus.Reviews. v8 n.2 p.01-24.

M, H. (2019). Capital Structure and Firm Size on Firm Value Moderated by Profitability. International Journal of Economics and Business Administration, 7(1), 174-191.

Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 3(2),153.https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165.

Nisa, D.K., Paksi, A. K., Hutami, A. N., & Yuni Fadila, Q. (2021). Unilever’s contribution to achieving sustainable development goals 3 in Indonesia. E3S Web of Conferences. 10.1051, e3sconf 202121601023.

Nurhasanah, Andi. "Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi." Bata Ilyas Educational Management Review 3.2 (2023): 1-13.

Rahmantari, N. L. L., Sitiari, N, W., & Dharmanegara, I. B.A. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha, 6(2), 121-129.

Sulpriyati Ulnikom Sulpriyati. (2021). Meltodologi Pelnellitian Strulctulral Elqulation Modelling—Partial Last Square.

Wulandari, Catur, and David Efendi. "Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi." Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA) 11.6 (2022).

Zaky MACHMUDDAH, Dian Wulan Sari, St. Dwiarso UTOMO. “Corporate Social Responsibility, Profitability and Firm Value: Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business Vol 7 No 9 (2020) 631=638.

Diterbitkan

2024-04-12

Cara Mengutip

Resti Maya Sari, & Ade Candra. (2024). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating : (Studi Pada Perusahaan Cosmetics And Household Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 14(1), 48–59. https://doi.org/10.35797/jab.14.1.48-59

Terbitan

Bagian

Articles