PERENCANAAN SISTIM PERPIPAAN AIR LIMBAH KAWASAN PEMUKIMAN PENDUDUK

Authors

  • Muh Arsyad

Abstract

Jaringan perpipaan dan proses pengolahan air limbah dapat optimal dengan cara perencanaan dengan perhitungan yang cermat sesuai dengan ketentuan teknis mengenai pengaliran air limbah dalam pipa supaya tidak terjadi endapan dan sumbatan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui debit air limbah rumah tangga atau domestik, diameter pipa air limbah, serta sistem perpipaan yang efektif. Penelitian ini mengunakan metode deskritif kuantitatif. Data yang diperlukan antara lain data topografi, jumlah penduduk, rata-rata konsumsi air, peta lokasi, dan elevasi lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa debit air limbah kawasan pemukiman penduduk yaitu 0,00189 m3/dtk dengan jumlah penduduk 1685 jiwa. Dengan kemiringan minimum saluran 0,1%. Diameter maksimum pipa air limbah untuk debit sebesar
0,00189 m3/dtk adalah 7,03 inci dan diameter minimum dengan debit air limbah 0,00015m3/dtk adalah 2,99 inci. Air limbah kawasan pemukiman penduduk disalurkan dengan saluran perpipaan dengan mengunakan sistim jaringan pipa bercabang.

Kata Kunci: Jaringan perpipaan, Kawasan pemukiman,debit air limbah.

Downloads

Published

2016-01-15