MODEL ESTIMASI KONSTRUKSI JALAN DENGAN METODE COST SIGNIFICANT MODEL (STUDI KASUS PADA KONSTRUKSI JALAN DI MANADO)

Penulis

  • Benedictus Salindeho PUPR Kota Manado
  • Ariestides K. T. Dundu Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Cindy J. Supit Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstrak

Salah satu hal penting yang harus dilakukan pada tahap awal perencanaan suatu proyek adalah memperkirakan  atau mengestimasi besarnya biaya yang akan dibutuhkan untuk merealisasikan proyek tersebut. Untuk itu perlu mengembangkan suatu model estimasi biaya yang mudah dikembangkan, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ada beberapa teknik pemodelan estimasi biaya pekerjaan konstruksi jalan yang dikembangkan, Namun dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Cost Significant Model pada konstruksi pekerjaan jalan. Metode Cost Significant Model sendiri merupakan metode pemodelan biaya berdasarkan data historis proyek yang mengandalkan pada harga paling significant dalam mempengaruhi biaya total proyek, yang diterjemahkan ke dalam perumusan regresi linear berganda. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendapatkan suatu model estimasi biaya konstruksi pekerjaan jalan di Kota Manado dengan menggunakan metode Cost Significant Model.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik (analisa regresi) terhadap variable penelitian untuk mendapatkan hubungan antara biaya per komponen pekerjaan dengan biaya total pekerjaan jalan. Data diambil dari paket pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kota Manado sebanyak 8 sampel RAB pekerjaan jalan dari tahun 2019 sampai tahun 2021. Untuk penyeragaman biaya berdasarkan data tingkat inflasi dari BPS. Data ini dikumpulkan dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado. Untuk mendapatkan model persamaan matematika menggunakan program computer SPSS (Statistical Product dan Service Solution).

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil pengujian statistik diperoleh komponen pekerjaan yang secara significant mempengaruhi biaya pembangunan konstruksi adalah komponen pekerjaan berbutir (X4), pekerjaan aspal (X5) dan pekerjaan Struktur (X6). Dan dari beberapa model yang terbentuk, terpilih satu model yang terbaik yang memiliki pengaruh dan korelasi yang kuat terhadap variabel dependent Y yakni persamaan linier Y = -74.573.236 +1,571 X6+1.301 X5+0,964 X4 dimana Y = Biaya Total Pekerjaan, X4 adalah biaya pekerjaan berbutir, X5 adalah biaya pekerjaan aspal dan  X6 adalah biaya komponen pekerjaan struktur. Akurasi model Estimasi Biaya konstruksi pekerjaan jalan di Kota Manado dengan metode Cost Significant Model adalah berkisar antara -11,794 % dan 11,433 % dengan tingkat akurasi berada di kelas 3 menurut AACE Internasional.

Pekerjaan struktur, pekerjaan aspal dan pekerjaan berbutir merupakan pekerjaan paling signifikan yang mempengaruhi total biaya pembangunan, dimana 99,5% biaya total dipengaruhi oleh pekerjaan struktur, pekerjaan aspal dan pekerjaan berbutir yang memiliki korelasi yang sangat kuat. Berdasarkan akurasi, Cost Significant Model sangat tepat digunakan untuk memperoleh gambaran awal biaya pekerjaan jalan  dengan cepat, sehingga memudahkan penyusunan anggaran. Dan untuk mendapatkan tingkat siginifikan dan meningkatkan akurasi pemodelan, untuk penelitian selanjutnya supaya dapat menambah jumlah sampel yang diteliti, dekripsi pekerjaan yang lebih terperinci, dan pekerjaan yang sejenis.

 

Kata kunci: Estimasi biaya, Konstruksi, Jalan, Metode Cost Significant Model

Diterbitkan

2023-02-26