ANALISIS PENGARUH TRANSPOR SEDIMEN TERHADAP STABILITAS MORFOLOGI SUNGAI SARIO

Penulis

  • Anastasya Feby Makawimbang
  • Tiny Mananoma Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Jeffry Swingly Frans Sumarauw Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstrak

Kejadian  banjir erosi dan sedimentasi di wilayah DAS Sario berpengaruh pada morfologi sungai. Salah satu penyebab banjir di Sungai Sario adalah debit aliran yang besar, di lain pihak kapasitas tampung sungai berkurang akibat adanya erosi/sedimentasi. Angkutan sedimen menyebabkan terjadinya perubahan dasar sungai. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis besaran transpor sedimen dasar (bedload) pada ruas sungai terpilih serta mengetahui pengaruh transpor sedimen terhadap stabilitas morfologi sungai Sario. 

Lokasi yang ditinjau di titik Jembatan Sario sepanjang 219 meter ke arah hilir dengan luas ruas terpilih DAS Sario  25,39 km2. Data sekunder didapat dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS-I). Data diolah melalui tahapan analisis frekuensi Debit untuk mendapatkan nilai Debit Banjir Rencana Kala Ulang 10, 25, 50, dan 100 tahun. Debit puncak setiap kala ulang kemudian dimasukan dalam program komputer HEC-RAS untuk menampilkan mekanisme dan pola Transpor Sedimen. Dalam pemodelan HEC-RAS digunakan dengan metode Meyer Petter Muller (MPM) yang membutuhkan data masukan berupa data penampang sungai, karakteristik sungai untuk nilai koefisien n Manning, data debit banjir, serta data sedimen.

Hasil analisis transpor sedimen menggunakan Metode Einstein sebesar 871,284 ton/hari, Metode MPM sebesar 51,38 ton/hari, dan Metode Frjlink.15,649 ton/hari. Hasil simulasi pada ruas terpilih menunjukan bahwa belum tercapainya kondisi seimbang /stabil antara proses erosi dan sedimentasi, sehingga terjadi agradasi dan degradasi dasar sungai yang cukup signifikan.

Kata kunci :Sungai Sario,Transpor Sedimen, Erosi, Sedimentasi

Diterbitkan

2023-02-26