ANALISA PERBANDINGAN DESAIN LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE Pd T-05-2005-B DAN METODE BINA MARGA 2017 (STUDI KASUS: RUAS JALAN NASIONAL WOLTER MONGINSIDI NOMOR RUAS JALAN: 00811K)

Penulis

  • Virany Trinity Langelo Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Theo K. Sendow Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Joice E. Waani Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstrak

ABSTRAK

Peningkatan volume lalu lintas pada Ruas Jalan Nasional Wolter Monginsidi dapat mempengaruhi tingkat pelayanan jalan tersebut menurun. Dapat dilihat secara visual pada beberapa titik di ruas jalan ini mengalami kerusakan struktural seperti retak, cacat permukaan dan pelepasan butiran agregat sehingga dipandang perlu untuk dilakukan lapis tambah (overlay) guna meningkatkan nilai struktural dari perkerasan lama agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius pada jalan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan desain tebal overlay dengan menggunakan metode Pd T-05-2005-B dan metode Bina Marga 2017. Parameter desain, prosedur perhitungan dan hasil lendutan yang nantinya akan dibandingkan dengan kedua metode yang digunakan dengan menggunakan data sekunder berupa data lendutan Falling Weight Deflectometer (FWD) dan volume lalu lintas (LHR) yang diperoleh dari Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara.

Hasil yang diperoleh untuk metode Pd T-05-2005-B menghasilkan tebal overlay sebesar 7 cm dengan CESA = 9.926.028 ESA dan metode Bina Marga 2017 menghasilkan tebal overlay untuk lengkung lendutan sebesar 8 cm dengan CESA5 = 7.648.338 ESA. Tapi untuk lendutan maksimum, ruas jalan ini belum membutuhkan penanganan overlay. Perbedaan hasil ini diakibatkan oleh perbedaan tahapan perhitungan dimana metode Pd T-05-2005-B dengan pendekatan secara analitis sedangkan metode Bina Marga 2017 menggunakan grafik untuk mendapatkan desain tebal lapis tambah (overlay) yang dibutuhkan.

Kata Kunci: Pd T-05-2005-B, Bina Marga 2017, Falling Weight Deflectometer, Desain Lapis Tambah Overlay, CESA.

Diterbitkan

2022-11-15