Saluran Pemasaran Kentang Di Desa Kakenturan Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan
Keywords:
saluran pemasaran, kentang, marjin pemasaran, farmer's shareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran dan menghitung marjin pemasaran dan farmer’s share di Desa Kakenturan Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode survei dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling pada lembaga pemasaran dengan jumlah sampel 10 petani, 3 pedagang pengumpul desa, 2 pedagang pengecer antar kota dan 2 pedagang antar pulau. Hasil penelitian saluran pemasaran kentang yang ada di Desa Kakenturan terdiri dari tiga saluran, yaitu saluran pemasaran I : petani ke pedagang pengumpul ke konsumen, saluran pemasaran II : petani ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer ke konsumen, dan saluran pemasaran III : petani ke pedagang pengumpul ke pedagang antar pulau ke konsumen. Margin pemasaran tertinggi yaitu pada saluran pemasaran III sebesar Rp5.000. Farmer’s share tertinggi yaitu pada saluran pemasaran I sebesar 90,90%.
References
Astawan, M. 2009. Panduan Karbohidrat Terlengkap. PT Gramedia Pustaka: Jakarta.
Nurulita, F. S. 2011. Analisis Pemasaran Kentang (Solanum Tuberosum L.) Di Kabupaten Wonosobo. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.
Setiadi. (2009). Budidaya Kentang. Penebar Swadaya: Jakarta.
Widayanti, S. (2008). Analisis Kadar Hemoglobin Pada Anak Buah Kapal PT. Salam Pacific Indonesia Lines Di Belawan Tahun 2007. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara: Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright holder is the authorl.Â