HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITF ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PAKUWERU KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.35790/jkp.v5i2.17865Abstract
Abstract Early Childhood Education (PAUD) is an education aimed at children
aged 3 to 6 years and one form of education that focuses on the laying of the
foundation toward physical growth and development. Cognitive development has
an important role for the success of children in learning because some activity in
learning is always associated with thinking problems because it involves the
development of thinking and how the activities of thinking or work the purpose of
research to determine whether there is a relationship of early childhood education
with cognitive development of preschoolers in the village Pakuweru Tenga district
of South Minahasa district. Sampling were taken with total sampling technique,
which amounted to 41 people. Design The research used is an analytical survey
using cross sectional approach and data data collected using questionnaire sheet.
The result of chi-square test was obtained p = 0.000. Conclusion There is an
association of early childhood education with cognitive development of preschool
aged children.
Keywords: early childhood education, cognitive development of children
Abstrak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang di
tujukan untuk anak usia 3 sampai dengan 6 tahun dan salah satu bentuk
penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah
pertumbuhan dan perkembangan fisik.Perkembangan kognitif mempunyai peranan
penting bagi keberhasilan anak dalam belajar karena sebagian aktivitas dalam
belajar selalu berhubungan dengan masalah berpikir karena menyangkut
perkembangan berpikir dan bagaimana kegiatan berpikir atau bekerja. Tujuan
penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan pendidikan anak usia dini
dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di desa Pakuweru kecamatan
Tenga kabupaten Minahasa Selatan. Sampel di ambil dengan teknik pengambilan
total sampel, yaitu berjumlah 41 orang. Desain Penelitian yang dingunakan adalah
survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan data data
dikumpulkan menggunakan lembar kuisioner. Hasil penelitian uji chi-square di
dapatkan p= 0.000. Kesimpulan terdapat hubungan pendidikan anak usia dini
dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah.
Kata kunci : pendidikan anak usia dini, perkembangan kognitif