STIMULASI MOTORIK DENGAN PERKEMBANGAN FISIK PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN

Authors

  • Julio Ruauw
  • Sefti Rompas
  • Lenny Gannika

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v7i2.24470

Abstract

Abstrack: Child development is all changes that occur in children that can be seen from various
aspects, including physical aspects. Child development consists of motor development,
cognitive development, and language development, where this development must be passed
according to the period of development or according to the age of the child. Objective : To
determine the relationship between motor stimulation and development in children aged 3-5
years in the Paslaten region. Method : This design uses quantitative descriptive research with
cross sectional approach, using the chi-square test the number of population taken as many as
57 toddlers The sample used with the total sampling method. Conclusion: Relationship of
Motor Stimulation with Physical Development of Toddlers Aged 3-5 Years in Paslaten Work
Area of Remboken Health Center, Year 2019, and with this research it is expected that the
results of this study can be readings of local Puskesmas in providing socialization to mothers
who have children under five in the knowledge and development of children in the lives of
children under five. Need to socialize for good nutrition so children can grow well according
to the age of children under five.
Keywords: Motor Stimulation, Physical Development of Toddlers
Abstrak : Perkembangan anak merupakan segala perubahan yang terjadi pada anak yang dapat
dilihat dari berbagai aspek, antara lain aspek fisik. Perkembangan anak terdiri dari
perkembangan motorik, perkembangan kognitif, dan perkembangan bahasa, dimana
perkembangan ini harus dilalui sesuai periode perkembangan atau sesuai umur anak. Tujuan
Penelitian : Untuk mengetahui hubungan stimulasi motorik dengan perkembangan pada balita
usia 3-5 tahun didesa Paslaten wilayah. Metode : Desain ini menggunakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dengan menggunakan uji chi-square jumlah
populasi yang di ambil sebanyak 57 balita Sampel yang digunakan dengan metode total
sampling. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti prinsip etik penelitian berdasarkan
Komite Nasional Etik Penelitian Kesehatan dalam merupakan sebagai berikut:
Kesimpulan : Hubungan Stimulasi Motorik dengan Perkembangan Fisik Balita Usia 3-5
Tahun Didesa Paslaten Wilayah Kerja Puskesmas Remboken, Tahun 2019, dan dengan adanya
penelitian ini diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan bacaan Puskesmas setempat
dalam memberikan sosialisasi kepada ibu – ibu yang memilki anak balita dalam pengetahuan
dan perkembangan anak dalam kehidupan anak balita. Diketahui bahwa sebagian besar
responden mempunyai kategori yang memiliki perkembangan normal.
Kata Kunci : Stimulasi Motorik, Perkembangan Fisik Balita.

Downloads

Published

2019-07-25

How to Cite

Ruauw, J., Rompas, S., & Gannika, L. (2019). STIMULASI MOTORIK DENGAN PERKEMBANGAN FISIK PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN. JURNAL KEPERAWATAN, 7(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i2.24470