Digital Marketing Strategy of Property Agents in The New Normal Era

Authors

  • Predik Pandiangan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali
  • Ida Ayu Oka Martini Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31251

Abstract

ABSTRAK

            Kehadiran pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu yang singkat. Beberapa ahli mengatakan bahwa industri properti harus memiliki strategi baru selama pandemi Covid-19 untuk mengembangkan pendekatan baru dalam persiapan persiapan kebiasaan atau baru selama pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat lebih lanjut Apakah strategi properti telah memaksimalkan pemanfaatan pemasaran digital dan mampu beradaptasi dengan era normal baru. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan agen properti yaitu Perusahaan Agen Properti Brighton Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan adalah teknik pengambilan sampel bola salju.Teknik data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara, dengan metode keabsahan data menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Perusahaan Agensi Properti Brighton dapat menyatakan bahwa Perusahaan Agen Properti Brighton telah menerapkan strategi inovasi pemasaran digital dengan baik melalui satu sistem manajemen yang diterapkan dan mampu bersaing dengan yang sejenis. pada saat kondisi pandemi dan atau perusahaan membutuhkan saat dihadapkan pada kondisi orde baru normal (New normal).Salah satu perusahaan Brighton dalam menyesuaikan strateginya dan mampu bersaing di era normal baru adalah strategi menganalisis SWOT yang ada di perusahaan dan dianalisis secara langsung oleh masing-masing prinsipal dengan cara bertukar ide, menyampaikan masukan dan saran. sesuai dengan yang terjadi di bidang cabang yang dipimpinnya, sehingga tercipta inovasi strategis baru.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Digital, Agen Properti, New Normal

Author Biographies

Predik Pandiangan, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali

Magister Manajemen Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali

Ida Ayu Oka Martini, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali

Dosen Magister Manajemen Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali

References

Baihaqi, A., & Andriansah. (2015). Pengaruh Teknologi Informasi & Internet Marketing Terhadap Pertumbuhan Bisnis Properti di Indonesia. Jurnal Informatika , 1, 1.

Cavusgil, S. T., Knight, G., & Riesenberger, J. (2017). International Business: The New Realities. United States: Pearson Education.

Darma, G. S. (2019). Kacamata Media, Kesuksesan Bersyarat. Indonesia: Pustaka Larasan Press.

Harjuno, D. K. (2016). Hukum Properti. Jakarta: PPHBI.

Hill, C., Jones, G., & Galvin, P. (2004). Strategic Management : An Integrated Approach (11th Edition). Stamford: CT: Cengage Learning.

Huseini, M., & Hutabarat, J. (2006). Pengantar Manajemen Strategik Kontemporer : Strategik di Tengah Operasional. Elex Media Komputindo.

Hutauruk, D. M. (2018, Juli 18). Kontan.co.id. Retrieved Juni 17, 2020, from Kontan.co.id: https://amp.kontan.co.id/news/pemerintah-diminta-tertibkan-agen-properti-perorangan-dan-broker-asing

Leonard, B. (2020, May 18). Rumah.com. Retrieved Juni 21, 2020, from Rumah.com: https://www.rumah.com/berita-properti/2020/5/188418/penerapan-strategi-baru-bagi-pengembang-untuk-siapkan-new-normal

Mayasari, S. (2020, May 29). Kontan.co.id. Retrieved Juni 22, 2020, from Kontan.co.id: https://amp.kontan.co.id/news/pada-era-new-normal-pembeli-properti-prioritaskan-hunian-dengan-protokol-kesehatan

Miles, B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nahal, R. (2019, Oktober 20). Warta Nusantara. Retrieved Juni 17, 2020, from Warta Nusantara: https://media-wartanusantara.id/2019/10/20/dpd-asosiasi-real-estate-broker-indonesia-arebi-bali-gelar-musyawarah-daerah-2019/

Nashiruddin, M. I. (2019). Creating Competitive Advantage in the Turbulent Business Environment: Lesson Learned from Indonesia Telecommunication Industry. Buletin Pos dan Telekomunikasi , Vol. 17 No. 1, 31-46.

Palallo, E. (2020, Juni 18). Online Berita Kota Kendari. Retrieved July 7, 2020, from Online Berita Kota Kendari: https://beritakotakendari.com/2020/06/konsep-new-normal-dan-teori-kurt-lewin/

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2008). Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Edisi 10 (Penerjemah Yanivi Bachtian dan Cristine). Jakarta: Salemba Empat.

Pranawa, I. P., & Abiyasa, A. P. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis , Volume 16, No. 4.

Putra, I. G., & Darma, G. S. (2019). Is Bitcoin Accepted in Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology , 4 (2): 424-430.

Rumah.com. (2020, May 13). Rumah.com. Retrieved Juni 17, 2020, from Rumah.com: https://www.rumah.com/berita-properti/2020/5/188270/pengembang-seperti-ini-yang-akan-cepat-pulih-saat-pandemi-berakhir

Rumah.com. (2020, Agustus 25). Rumah.com. Retrieved September 24, 2020, from www.rumah.com: https://www.rumah.com/berita-properti/2020/8/191742/properti-jadi-andalan-pemerintah-untuk-pertumbuhan-ekonomi

Saputra, A. B. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Properti di Yogyakarta dan Jawa Tengah Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan , Vol.21 No. 2.

Sarmawa, I. W. G., Widyani, A. A. D., Sugianingrat, I. A. P. W., & Martini, I. A. O. (2020). Ethical entrepreneurial leadership and organizational trust for organizational sustainability. Cogent Business & Management, 7(1), 1818368.

Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alvabeta.

Taufik, & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Era Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi Publik , Vol 2, Nomer 1.

Thompson, A. A., Peteraf, M. A., Gamble, J. E., & Strickland, A. J. (2016). Crafting and Executing Strategy : The Quest for Competitive Adventage : Concepts and Cases. New York: McGraw-Hill Education.

Tribun-bali.com. (2019, November 21). Tribun-bali.com. Retrieved Juni 17, 2020, from Tribun-bali.com: https://bali.tribunnews.com/2019/11/21/sukses-the-biggest-arebi-real-estate-summit-2019-dihadiri-800-broker-properti

Walker, G., & Madsen, T. L. (2016). Modern Competitive Strategy (4th Editon). McGraw-Hill Education.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2018). Dtrategic Management and Business Policy: Globalization, Innovation, and Sustainability. United States: Pearson Education.

Zimmerer, W., & Scarbourourough, N. M. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil : Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-01-10

How to Cite

Pandiangan, P., & Martini, I. A. O. (2021). Digital Marketing Strategy of Property Agents in The New Normal Era. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31251