PUSH STRATEGY PADA SALURAN PEMASARAN PRODUK PIXY DI PT.DUTAMASINDO LABORA JAYA KARAWANG

Authors

  • Erni Haryani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Hidayaty Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ery Rosmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

  The Covid -19 pandemic in Indonesia has caused a global pandemic, including cosmetic companies experiencing a very drastic decline in turnover. Restrictions, social distancing, large-scale social and work form home provisions have made the number of cosmetic requests decrease. The decline in consumer spending interest due to the absence of a tester has led to a decline in consumer shopping for cosmetics offline. The cause of the absence of a tester is due to protection of consumer health, hygiene factors, and limited interaction between consumers and Sales Promotion girls due to social distancing. This makes business actors have to develop appropriate marketing strategies in order to get new customers because they have to compete in winning business competition. This study aims to determine the digital push strategy as a marketing channel for pixy products at PT Dutamasindo Labora Jaya Karawang. This study uses descriptive research with a qualitative approach. The research subjects were the Sales Promotion Girl Team Leader and the Area sales representative, totaling 2 people. Data analysis using qualitative descriptive techniques data obtained through direct interviews.

Pandemi Covid -19 di Indonesia menyebabkan pandemi global tidak terkecuali perusahaan kosmetik mengalami penurunan omset yang sangat drastis. Pembatasan, social distancing, sosial berskala besar dan ketentuan work form home membuat jumlah permintaan kosmetik semakin menurun. Penurunan minat belanja konsumen  akibat ketidaan tester menyebabkan menurunnya minat belanja konsumen kosmetik secara offline. Penyebab Ketiadaan tester dikarenakan perlindungan terhadap kesehatan konsumen, faktor higienitas, serta keterbatasan interaksi antara konsumen dan Sales Promotion girl akibat social distancing. Hal ini  membuat para pelaku usaha harus mengembangkan strategi pemasaran yang tepat agar mendapatkan pelanggan baru karena harus bersaing dalam memenangkan persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui push strategy secara digital  sebagai saluran pemasaran produk pixy di PT Dutamasindo Labora Jaya Karawang Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu Team Leader Sales Promotion Girl dan Area sales respentative yang berjumlah 2 orang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif data di peroleh melalui hasil wawancara secara langsung.

References

Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bolton, R. N., McColl-Kennedy, J. R., Cheung, L., Gallan, A., Orsingher, C., Witell, L., & Zaki, M. (2018). Customer experience challenges: bringing together digital, physical and social realms. Journal of Service Management. 29(5): 776–808. https://doi.org/10.1108/JOSM-04-2018-0113

Dedi, D. (2021). Evaluasi Penerapan Direct Marketing menurut Persepsi Konsumen pada CV Sumber Baru Motor Dealer Yamaha Sentral 1 Yogyakarta. Disertasi Universitas Teknologi Yogyakarta.

Lemy, D. M., Bernarto, I., & Tulung, J. E. (2013). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Utara. Jurnal Manajemen: Derema

Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515

Roen, F. (2012). Teori dan Perilaku Organisasi Bisnis Penjualan Langsung (Direct Selling). Diambil kembali dari http://perilakuorganisasi.com/bisnis

Sasaah, A. B. (2021). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Direct selling Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Asuransi Syariah (Studi Kasus Di PT. Takaful Keluarga Kantor Kota Serang Banten). Disertasi UIN SMH Banten.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.

Soejono, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Syafitri, S. (2021). Penerapan Strategi Direct selling dalam Meningkatkan Minat Konsumen Pada Bisnis Madhising Pinrang (Etika Bisnis Islam).". Disertasi IAIN Parepare.

Syaputra, M. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran Dorong Dan Tarik Dalam Keberlangsungan Pengelolaan Bisnis Rintisan Pt. Compro Kotak Inovasi. Journal Of Business & Applied Management.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Haryani, E., Hidayaty , D. E., & Rosmawati , E. (2022). PUSH STRATEGY PADA SALURAN PEMASARAN PRODUK PIXY DI PT.DUTAMASINDO LABORA JAYA KARAWANG . JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1262–1271. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/article/view/44236