STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK DEODORAN ORGANIK ROAST RELIEF
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54111Abstract
Abstract. This research aims to conduct a business feasibility study related to the development of an organic deodorant product under the brand Roast Relief. The product is targeted to meet the increasing consumer demand for environmentally friendly and chemical-free personal care products. The research methodology involves market, technical, financial, and management analyses to evaluate the potential success of this product in the market. The market analysis includes market segmentation, consumer trend analysis, and competitor assessment. The results indicate a favorable opportunity for the Roast Relief organic deodorant product in the growing personal care segment. Technical analysis considers production aspects, distribution, and the availability of organic raw materials, with a focus on sustainability and product quality. The research findings indicate that the development of Roast Relief organic deodorant product has positive business potential. By capitalizing on consumer trends supporting eco-friendly products and enhancing quality of life, this product can be an attractive choice for consumers.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi kelayakan bisnis terkait pengembangan produk deodoran organik dengan merek Roast Relief. Produk ini diarahkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat terhadap produk perawatan pribadi yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia berbahaya. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis pasar, teknis, keuangan, dan manajemen untuk mengevaluasi potensi keberhasilan produk ini di pasar. Analisis pasar mencakup identifikasi segmentasi pasar, analisis tren konsumen, dan penilaian pesaing. Hasilnya menunjukkan adanya peluang yang baik bagi produk deodoran organik Roast Relief di segmen pasar perawatan pribadi yang berkembang. Analisis teknis mempertimbangkan aspek produksi, distribusi, dan ketersediaan bahan baku organik. Keberlanjutan dan kualitas produk menjadi fokus utama dalam aspek ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk deodoran organik Roast Relief memiliki potensi bisnis yang positif. Dengan memanfaatkan tren konsumen yang mendukung produk ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup, produk ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen.References
Bakhar, M., Harto, B., Gugat, R. M. D., Hendrayani, E., Setiawan, Z., Surianto, D. F., ... & Tampubolon, L. P. D. (2023). Perkembangan Startup Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Baskoro, M. L., & Haq, B. N. (2020). Penerapan metode design thinking pada mata kuliah desain pengembangan produk pangan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 83-93.
Brahmana, N. S. D. (2020). Kemampuan Daya Hambat Beberapa Produk Sabun Cair Antibakteri Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing pada home industri kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46-51.
Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Zarkasi, Z., & Fachrurazi, F. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Widina.
Ichsan, R. N., SE, M., Lukman Nasution, S. E. I., & Sarman Sinaga, S. E. (2019). Studi kelayakan bisnis= Business feasibility study. CV. Sentosa Deli Mandiri.
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970-1978.
Ir Sri Tjondro Winarno, M. M., & Darsono, I. (2019). Ekonomi Kopi Rakyat Robusta Di Jawa Timur. Uwais Inspirasi Indonesia.
Istiqomah, N. H. (2023). Transformasi Pemasaran Tradisional ke e-Marketing: Tinjauan Literatur tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(2), 72-87.
Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.
Mantik, H. (2022). Revolusi Industri 4.0: Internet of Things, Implementasi Pada Berbagai Sektor Berbasis Teknologi Informasi (Bagian 1). JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 9(2), 41-48.
Prabowo, O. H., Merthayasa, A., & Saebah, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan pada Kegiatan Bisnis di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7), 883-892.
Prasetya, D. D. (2016). Kesiapan pembelajaran berbasis buku digital. Tekno, 24(2).
Rofaida, R., Aryanti, A. N., & Perdana, Y. (2019). Strategi inovasi pada industri kreatif digital: Upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402-414.
Setiawan, A. B. (2018). Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak ekonomi digital di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 61.
Soediro, M., & Nurbianto, A. T. (2021). Peranan Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Penjualan Dan Kinerja Karyawan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36934
Soemohadiwidjojo, A. T. (2018). SOP & KPI Untuk UMKM & Start Up. Raih Asa Sukses.
Supachaisamanpun, J., Thienthaworn, A., & Bouette, M. (2019). A study of design thinking for improving employee performance in bangkok specialty coffee shops (Doctoral dissertation, thesis for the degree of master. Thammasat university).
Tohari, N. (2023). Analisis Persaingan UMKM Coffe Shop Kabupaten Jember dengan Analysis Five Poerters Pasca Pandemi Covid-19. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4530-4546.
Windi, P., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya perilaku organisasi dan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71-77.
Yahman, M. B., Widada, D., & Profita, A. (2020). Analisis risiko dan penentuan strategi mitigasi pada proses produksi beras. MATRIK: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 20(2), 67-78.
Yoyo Sudaryo, S. E., MM, M., Efi, N. A. S., Yosep, M. A., SE, M., Nurdiansyah, B., & ST, I. (2020). Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Penerbit Andi.