EFEKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN X)
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55389Abstract
Abstract.. This research was conducted to find out whether in this day and age, TikTok's social media marketing strategy can increase product sales volume. This research uses a quantitative descriptive approach. This research aims to discuss marketing strategies that affect the increase in sales of MSME products from company X which is engaged in the skincare business. The data collection instruments used in this study are observation (interviews) and retrieval of company X sales data for the last 6 (six) months. The data processing technique used is simple regression analysis. From the results of the R-Square test, as for the 76% marketing cost factor that affects sales volume, while 24% is influential due to other factors, the marketing strategy and marketing costs incurred by company X on TikTok social media greatly affect the increase in company sales volume.
Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah di zaman sekarang, strategi pemasaran media sosial TikTok dapat meningkatkan volume penjualan produk. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pemasaran yang mempengaruhi peningkatan penjualan produk UMKM dari perusahaan X yang bergerak di bidang bisnis skincare. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (wawancara) dan pengambilan data penjualan perusahaan X selama 6 (enam) bulan terakhir. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Dari hasil uji R-Square, adapun 76% faktor biaya pemasaran yang mempengaruhi volume penjualan, sedangkan 24% berpengaruh karena faktor lain, Strategi pemasaran dan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan X di media sosial TikTok sangat mempengaruhi peningkatan volume penjualan perusahaan.
References
Ashari, F. (2023). Pedagang sebut tren berjualan “online” di Tiktok mulai menurun. ANTARA. https://www.antaranews.com/berita/3365178/pedagang-sebut-tren-berjualan-online-di-tiktok-mulai-menurun
Bernarto, I., Purwanto, A., Tulung, J. E., & Pramono, R. (2024). The Influence of Perceived Value, And Trust on Wom and Its Impact on Repurchase Intention. Revista De Gestão Social E Ambiental, 18(4), e04983. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n4-081
CNN Indonesia. (2023). TikTok Jadi Raja Aplikasi Dunia, Kalahkan Instagram Hingga WhatsApp.CNNIndonesia.https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230918143850-185-1000458/tiktok-jadi-raja-aplikasi-dunia-kalahkan-instagram-hingga-whatsapp
Elyana Febriyanti, D., & Arifin, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Secara Online Melalui Tiktok Dan Instagram Terhadap Volume Penjualan Skincare Justmine Beauty Pada Agen Yuyun Di Lamongan. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca
Ghosh, P., & Ghosh, A. (2021). An Unusual Case Of Video App Addiction Presenting As Withdrawal Psychosis. International Journal of Recent ScientificResearch,12.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24327/ijrsr.2021.1201.5700
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).
Julianti, M., Mudjiarto, H., Nagatitha, P., Luwiha, & Astuti, W. (2023). TikTok’s Social Media Marketing Gives Strong Impact on Product Sales Increase. Journal of Economic, Religious, and Entrepreneurship (JoERE). https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/index.php/joere
Mileva, L. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58.
Nanjappan, D., & Surendra Deshmukh, S. (2013). Social Media Marketing: The Next Generation Of Business Engagement. John Wiley & Sons, Inc.
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Paquette, H. (2013). Social Media as a Mark Social Media as a Marketing Tool: A Literature Review. Major Papers by Master of Science Students. Paper 2., 11(8), e1498. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i8.1498
Rakhmayanti, I. (2020). Pengguna TikTok Di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. Sindonews.Com. https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y
Ria Ayu, O. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pemasaran Produk. EAS Technopreneurship.
Santoso, A. P., Baihaqi, I., & Persada, S. F. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Teknik ITS Vol. 6, No. 1, (2017) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print), 6.
Setiani, I., Syafitri, D., Henfi Amalia, S., & Meylinda, M. (2023). Tiktok Social Media-Based Marketing Strategy to Increase MSMEs Product Sales Among Students in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2, 13–18.
Silaban, D., Jaunanda, M., & Ferdinand, F. (2020). Perceived risk and intention to purchase from overseas sellers in Shopee: Jabodetabek consumer perspective. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2).
Swastha Dharmmesta, B. (2020). Manajemen Penjualan (Ketiga).
T. Soemohadiwidjojo, A. (2017). Key Perfomance Indicator Untuk Perusahaan Industri. Raih Asa Sukses.
Tulung, J., & Ramdani, D. (2024). Political Connection and BPD Performance. International Research Journal Of Business Studies, 16(3), 289-298. doi:http://dx.doi.org/10.21632/irjbs.16.3.289-298.
Zahra, A. (2021). 4 Faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan Kenali Biar Makin Laris. IDN Times. https://www.idntimes.com/business/economy/ainal-zahra-1/4-faktor-yang-mempengaruhi-volume-penjualan-kenali-biar-makin-laris