PKM Kelompok Perempuan Pengolah Ikan Cakalang Di Kelurahan Girian Bawah Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara

Authors

  • Daisy Monica Makapedua Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Helen Jenny Lohoo Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.2.2.2021.32189

Abstract

Pengolahan ikan cakalang asap merupakan produk olahan ikan tradisional khas Sulawesi Utara. Cakalang asap dalam masyarakat setempat disebut “cakalang fufu†merupakan salah satu produk ikan Sulawesi Utara yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar dan wisatawan domestik yang berkunjung ke kota Manado dan Bitung. Permintaan ikan asap terus meningkat, baik dari dalam maupun luar Sulut. Pasar ikan asap kini berkembang pesat. Hal tersebut perlu diimbangi dengan peningkatan produksi cakalang asap yang berkualitas, bersih, dan dikemas dengan baik. Beberapa permasalahan yang dihadapi kelompok pengolah ikan (rekanan), seperti: kualitas bahan baku, cara pengolahan, penggunaan pewarna, dan pengemasan produk. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengabdian masyarakat dimaksudkan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan yang melibatkan kelompok pengolahan ikan khususnya kelompok perempuan pengolah. Dengan melakukan kegiatan ini, kelompok perempuan pengolah dapat terlibat langsung untuk mengikuti setiap langkah yang telah ditetapkan bersama untuk mengatasi permasalahan guna meningkatkan produksi yang berkualitas, higienis dan sanitasi pangan serta peningkatan produksi dan produksi yang berkelanjutan. memperluas pasar. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi kelompok pengolah ikan khususnya kelompok perempuan untuk memperbaiki perekonomian keluarga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta pengembangan hasil perikanan di Sulawesi Utara.

References

Adawyah R., 2007. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Afrianto, E. dan Liviawaty, E., 1989. Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Hariyadi, P., 1996. Sanitasi dan Hygiene Industri Hasil Perikanan. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor.

Winarno, F.G., 1994. Sterilisasi Komersial Produk Pangan. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Downloads

Published

2021-03-01