Peluang Peningkatan Pendapatan Usaha Telur Asin Melalui Pelatihan Manajemen Pemasaran Pada Ibu-Ibu Kelompok Usaha Telur Asin Di Desa Puuwonua Kabupaten Konawe

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.4.1.2022.42425

Abstract

Usaha telur asin di Desa Puuwonua sudah berlangsung cukup lama, namun usaha telur asin ini belum sepenuhnya berkembang dengan baik. Tujuan kegiatan PKM adalah: (1) Memberdayakan potensi ibu-ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha telur asin, (2) Menumbuhkan semangat berwirausaha bagi masyarakat khususnya usaha telur asin di Desa Puuwonua Kecamatan Konawe. Metode pelaksanaan dalam PKM ini yaitu koordinasi dengan mitra ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha telur asin, Pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan melalui: pemberian materi dan praktek pembuatan telur asin, monitoring dan evaluasi kegiatan PKM. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, hasil program PKM adalah: (1) Bertambahnya pengetahuan tentang teknik pengemasan, manajemen pemasaran dan teknologi pengawaten telur asin pada ibu-ibu kelompok usaha telur asin  yang menjadi peserta pada PKM, hal ini dilihat dari hasil monitoring kegiatan pelatihan dan (2) Peserta kegiatan PKM yakni ibu-ibu kelompok usaha telur asin Desa Puuwonua Kecamatan Unaaha ≥ 80 % sangat tertarik dan termotivasi mengembangkan usaha telur asin yang dijalankannya terutama adanya pengetahuan tentang inovasi aneka rasa pada telur asin. 

Kata Kunci : Pelatihan, Pendampingan, Telur Asin, Pemasaran.

 

References

Agustina, K. K., Dharmayudha, A.. G. O., Swacita, I. B. N., dan Sudimartini, L. Made.2015.Analisis Nilai Gizi Telur Itik Asin Yang Dibuat Dengan Media Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L) Selama Masa Pemeraman. Buletin Veteriner Udayana,Volume VII No. II.

Lesmayati, S., dan Rohaeni, E. S. 2014. Pengaruh Lama Pemeraman Telur Asin Terhadap Tingkat Kesukaan Konsumen Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi, hal 595–601.

Nuruzzakiah, Rahmatan, H., & Syafrianti, D. 2016. Pengaruh Konsentrasi Garam Terhadap Kadar Protein dan Kualitas Organoleptik Telur Bebek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, Volume I Nomor 1 , hal 1–9.

Rukmiasih, N. Ulupi, dan W. Indriani. 2015. Sifat Fisik, Kimia dan Organoleptik Telor Asin Melalui Penggaraman dengan Tekanan dan Konsentrasi Garam yang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan. Vol. III.

Sujinem, 2006. Percepatan penetrasi garam ke dalam telur itik (Anasplatyrhincos) dengan metode tekanan dalam proses pembuatan telur asin. Institut Pertanian Bogor, Program Studi Teknologi Hasil Ternak. Fakultas Peternakan.

Downloads

Published

2022-08-02