Pelatihan Bahasa Inggris bagi Siswa SD GMIM Pinaras dan SD Inpres Pinaras di Kelurahan Pinaras

English Language Training for Students of GMIM Pinaras Elementary School and SD Inpres Pinaras in Pinaras Village)

Authors

  • Golda Tulung
  • Garryn Christian Ranuntu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.5.2.2023.53401

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan bagi siswa/siswi Sekolah Dasar  Kelurahan Pinaras tentang bahasa Inggris lewat lagu atau cerita dan percakapan sehari-hari. Observasi dan survey awal menunjukkan bahwa kedua sekolah ini memerlukan pelatihan bahasa Inggris sebagai pengenalan untuk meningkatkan minat siswa pada kedua sekolah tersebut. Kebutuhan anak-anak di sekolah tersebut merupakan hal yang perlu ditangani karena sebaiknya pembelajaran bahasa Inggris sudah diperkenalkan dari tingkat sekolah dasar. Kehadiran para pengajar bahasa Inggris di sekolah sangat membantu proses pembelajaran bahasa, namun kedua sekolah tersebut tidak memiliki pengajar bahasa Inggris yang tetap sesuai kompetensi sehingga pengajaran di kelas bahasa Inggris biasanya hanya dilakukan oleh para pengajar yang tidak memiliki latar belakang bahasa tersebut. Hal ini merupakan permasalahan mitra dan solusinya yaitu penggunaan metode pengajaran bahasa Inggris yang tepat. Pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan tehnik yang menarik sesuai umur anak sangat diperlukan untuk membangkitkan motivasi anak dalam belajar yang pada akhirnya dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Target khusus kegiatan ini yaitu penggunaan lagu atau cerita pada pembelajaran bahasa Inggris sehingga motivasi dan kemampuan bahasa Inggris anak dapat dikembangkan dan mereka akhirnya mampu berbahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari yang sederhana. Adapun metode pelaksanaan yang diterapkan pada program ini yaitu memperkenalkan materi bahasa Inggris lewat lagu atau cerita yang berhubungan dengan penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari kemudian membantu mereka dengan pengajaran dan pelatihan yang berfokus pada percakapan sederhana dalam bahasa Inggris. Dengan demikian pendekatan yang diberikan yaitu pengajaran dan pelatihan dengan prosedur kerja berupa penjajakan, pengajaran dan pelatihan, evaluasi, luaran, dan pelaporan. 

References

Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (diterjemahkan oleh Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom). Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Murcia, Celce dan Olshtain. 2000. Discource and Context in Language Teaching. Cambridge University Press.

Murphy, Richard A. 1995. From Practice to Performance. Washington, DC: English Language Programs Division.

Nunan, David. 2001. Expressions 2: Meaningful English Communication. Boston: Heinle & Heinle.

Nurhadi. 1987. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru.

Opp-Beckman, Leslie & Klinghammer, Sarah J. Shaping the Way We Teach English: Successful Practices Around the World. Washington, DC: US Department of State.

Ranuntu, G.C., & Tulung, G.J. (2018). Peran lagu dalam pengajaran bahasa Inggris tingkat dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4 (1), 99-110

Tarigan, H.G. 1993. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

----------. 1993. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-12-22