PENGARUH TRANSFER PRICING TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN MAKANAN & MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020 – 2021

Penulis

  • Imanoel Nicholas Alfons Manoppo Universitas Advent Indonesia, Bandung
  • Mila Susanti Universitas Advent Indonesia, Bandung

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari transfer pricing terhadap agresivitas pajak. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data – data sekunder berupa laporan keuangan dari setiap perusahaan sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020 – 2021. Sampel penelitian ini adalah berjumlah 49 populasi perusahaan, 48 perusahaan sampel dan total data penelitian yang berjumlah 96 data penelitian yang diambil dan digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini untuk variabel transfer pricing terhadap agresivitas pajak adalah memiliki nilai signifikansi angka sebesar 0,080097 lebih besar dari  0,05. Sehingga dapat disimpulkan tidak adanya pengaruh signifikan dari pengaruh  transfer pricing terhadap agresivitas pajak.

 

Kata KunciTransfer Pricing, Agresivitas Pajak

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-13