FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMANDIRIAN FISKAL DAERAH KOTA KOTAMOBAGU DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • pra_sugiarto hadi_yunus Unsrat Manado
  • Anderson G. Kumenaung Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Ita Pingkan Fasnie Rorong Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.46141.24.4.2023

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap kemandirian fiskal daerah. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Kotamobagu Menggunakan data sekunder berupa realisasi pendapatan Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan serta data Kemandirian Fiskal Kota Kotamobagu periode tahun 2018-2021. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda time series.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, PBB_P2, BPHTB secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah dan diperoleh bahwa Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, PBB-P2, BPHTB dan Pendapatan Asli Daerah secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kemandirian Fiskal Daerah.

Kata kunci : Kemandirian Fiskal Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Pajak

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-01