ISOLASI BAKTERI YANG BERSIMBION DENGAN ASCIDIAN Herdmania momus YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIBAKTERI

Authors

  • Silvia E Koyongian UNSRAT
  • Deiske A Sumilat UNSRAT
  • Rosita A J Lintang UNSRAT
  • Stenly Wullur UNSRAT
  • Sandra O Tilaar UNSRAT
  • Henneke Pangkey UNSRAT

DOI:

https://doi.org/10.35800/jplt.8.2.2020.28766

Abstract

 

Ascidian is marine invertebrates in coral reef ecosystems that produce many bioactive compounds for pharmacology. The presence of symbiotic bacteria with marine organisms is protected the host biota by producing secondary metabolites. The purpose of this study is to obtain symbiotic bacterial isolates with Herdmania momus ascidian, then to observe the antibacterial activity of these bacterial isolates against Escherichia coli, and Staphylococcus aureus. Isolation and culture of the symbiotic bacteria were made on Nutrient Agar and Zobell Marine Broth media. The antibacterial screening showed that the Herdmania momus symbiotic bacteria were able to inhibit the growth of Staphylococcus aureus and Escherichia coli.

Keywords: ascidians, Herdmania momus, bacteria, isolation, antibacterial

Abstak

          Ascidian adalah avetebrata laut di ekosistem terumbu karang yang banyak menghasilkan senyawa bioaktif untuk bidang farmakologi. Keberadaan bakteri yang bersimbion dengan organisme laut pada umumnya untuk melindungi biota yang ditumpanginya dan dirinya dengan cara menghasilkan senyawa metabolit sekunder. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan isolat bakteri yang bersimbion dengan ascidian Herdmania momus, kemudian mengamati aktivitas antibakteri dari isolat bakteri tersebut terhadap Escherichia coli, dan Staphylococcus aureus. Isolasi dan kultur bakteri yang bersimbion dengan ascidian dibuat pada media Nutrient Agar dan Zobell Marine Broth. Skrining aktivitas antibakteri menunjukkan isolat bakteri yang bersimbion dengan ascidian Herdmania momus mampu menghambat pertumbuhan organisme uji Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Kata kunci: ascidian, Herdmania momus, bakteri, isolasi, antibakteri

Author Biographies

Silvia E Koyongian, UNSRAT

PS Ilmu Kelautan FPIK Unsrat Manado

Deiske A Sumilat, UNSRAT

PS IK Unsrat Manado

Rosita A J Lintang, UNSRAT

PS IK FPIK UNSRAT MANADO

Stenly Wullur, UNSRAT

PS IK FPIK UNSRAT Manado

Sandra O Tilaar, UNSRAT

PS IK FPIK UNSRAT

Henneke Pangkey, UNSRAT

PS BDP FPIK UNSRAT

Downloads

How to Cite

Koyongian, S. E., Sumilat, D. A., Lintang, R. A. J., Wullur, S., Tilaar, S. O., & Pangkey, H. (2020). ISOLASI BAKTERI YANG BERSIMBION DENGAN ASCIDIAN Herdmania momus YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIBAKTERI. JURNAL PESISIR DAN LAUT TROPIS, 8(2), 20–26. https://doi.org/10.35800/jplt.8.2.2020.28766