ANALISA GELOMBANG KEJUT PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL (STUDI KASUS: JL. 17 AGUSTUS – JL. BABE PALAR)

Authors

  • Marlien H. L. A. Bella
  • James A. Timboeleng
  • Semuel Y. R. Rompis

Abstract

Sebagai persimpangan empat lengan dan merupakan salah satu jalur menuju ke perkantoran di sepanjang Jl. 17 Agustus kota Manado dan ke arah Teling yang terdapat rumah sakit  di sekitarnya, persimpangan jalan 17 Agustus - jalan Babe Palar  ini sangat sering terjadi kemacetan dan antrian dari kendaraan yang melewati persimpangan ini sehingga dipasang lampu lalu lintas dan pada persimpangan ini memiliki durasi lampu merah yang besar dan durasi lampu hijau yang kecil. Pemakaian lampu lalu lintas menimbulkan fenomena gelombang kejut pada lalu lintas di sekitar persimpangan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan matematis volume, kecepatan, kepadatan dan panjang antrian yang terjadi akibat lampu merah pada salah satu lengan dari persimpangan yang diteliti yaitu pada lengan jl Babe Palar menuju ke arah timur atau ke arah persimpangan. Pengumpulan data dilakukan pada hari Senin sampai hari Sabtu mulai tanggal 25 sampai dengan tanggal 30 pada bulan April 2016.Hasil perhitungan didapat model Greenberg pada hari Rabu 27 April 2016 merupakan model terbaik untuk hubungan matematis antara volume, kecepatan dan kepadatan dengan R2= 89,897 %. Dari hasil hubungan matematis tersebut dapat dihitung nilai gelombang kejut dengan persamaan garis kurva hubungan volume - kepadatan V = 68.82475 D - 14.66326  DLn D dengan volume maksimum (VM) 620.2996 smp/jam, kepadatan maksimum (DM) 25.882 smp/km. karateristik gelombang kejut yang terjadi untuk kondisi A (VA) 460 smp/jam , = 28.724  km/jam merupakan gelombang kejut maju bentukan, = 0 km/jam merupakan gelombang kejut diam depan, = - 4.5958 km/jam merupakan gelombang kejut mundur bentukan, ωDC = 14.4633 km/jam  merupakan gelombang kejut maju pemulihan, ωCB = -8.4842 km/jam merupakan gelombang kejut mundur pemulihan. Panjang antrian maksimum yang terjadi (QM) = 289.695 meter dengan waktu penormalan (T) = 12.13101 detik. Dari hasil yang telah diteliti dapat dipastikan bahwa semua kendaraan yang mengantri pada saat lampu merah menyala dapat melewati garis henti sehingga tidak terjadi antrian.

Kata Kunci : gelombang kejut, persimpangan,panjang antrian, waktu penormalan

Downloads

Published

2016-09-15