ANALISA PENGARUH BEBAN BERLEBIH TERHADAP UMUR RENCANA JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN MANADO - BITUNG)
Abstract
Kualitas prasarana transportasi dalam suatu wilayah ditentukan oleh tingkat pelayanan jalan yang dilewati oleh setiap kendaraan, baik itu kendaraan dengan muatan normal maupun kendaraan dengan muatan berlebih (overloading) dari kelas jalan yang sudah ditetapkan. Ruas jalan Manado – Bitung merupakan salah satu akses ke daerah kawasan industri, dimana ruas jalan ini banyak dilalui oleh kendaraan berat dengan muatan normal maupun muatan berlebih yang melanggar batas ketentuan untuk jumlah berat yang diijinkan. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada badan jalan sebelum umur teknis perencanan terpenuhi dalam waktu yang relatif singkat atau terjadinya kerusakan dini pada badan jalan. Dampak lain yang disebabkan oleh kendaraan bermuatan berlebih (overloading) adalah berkurangnya tingkat keselamatan berkendara, kemacetan, dan kerusakan suku cadang kendaraan yang lebih cepat.Â
Dalam penelitian ini dihitung angka ekivalen untuk setiap jenis kendaraan dan Equivalent Standart Axle Load (ESAL) pada keadaan beban normal dan beban berlebih. Untuk menghitung penurunan umur rencana jalan yang diakibatkan oleh beban berlebih (overloading) menggunakan nilai Vehicle Demage Factor (VDF) metode AASHTO 1993.
Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pengumpulan data sekunder dan pengumpulan data primer. Data - data yang diperoleh yaitu, data geometrik jalan, data LHR tahun 2013 – 2017, data berat kendaraan yang diperoleh dari jembatan timbang, data survey LHR tahun 2018, dan data International Roughness Index (IRI) tahun 2016 - 2017. Data IRI yang didapat digunakan untuk mengetahui besaran kekasaran permukaan jalan, kondisi jalan yang akan diteliti, dan penanganan yang harus dilakukan pada bagian jalan yang rusak.
Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa persentase muatan berlebih dapat menurunkan umur rencana. Angka ekivalen atau VDF untuk muatan normal selama umur rencana 10 tahun yaitu sebesar 19.683.267,13 ESAL sedangkan angka ekivalen atau VDF untuk muatan berlebih selama umur rencana 10 tahun yaitu sebesar 31.391.507,77 ESAL. Sehingga diperoleh persentase peningkatan nilai VDF kumulatif akibat muatan berlebih sebesar 59,483%. Nilai Traffic Design diperkirakan akan berakhir pada tahun ke 7 atau terjadi pengurangan umur sekitar 2,8 tahun dari umur rencana 10 tahun.
Â
Kata kunci: Beban Berlebih, AASHTO 1993, IRI, Umur Rencana