STUDI POTENSI JARINGAN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DAN KONSTRUKSI PERKERASAN REL (STUDI KASUS: KORIDOR KOTA MANADO KECAMATAN MALALAYANG, KECAMATAN SARIO, KECAMATAN WENANG)

Authors

  • Shofian E. H. Bongso
  • Theo K. Sendow
  • Mecky R. E. Manoppo

Abstract

Di Kota Manado lebih dari 90% perjalanan berbasis rumah tangga, dimana perjalanan dimulai dari rumah dan diakhiri kembali dirumah. Untuk memahami pola pergerakan yang akan terjadi dari setiap rumah tangga yang ada di Kota Manado, perlu suatu penelitian mengenai jumlah bangkitan yang terjadi dalam memprediksi kebutuhan akan sarana dan prasarana tahun-tahun mendatang. Permintaan lalu lintas yang melebihi penyediaan ruang jalan mengakibatkan kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Berdasarkan kondisi ini maka sudah waktunya untuk melihat kepada program transportasi yang berkelanjutan (Sustainable Transport Modes). Direkomendasikan Transportasi umum berkelanjutan berbasis rel, yang cenderung bebas dari kemacetan sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu tempuh yang dihasilkan akan semakin berkurang dengan daya angkut penumpang yang cukup besar. Bentuk yang direkomendasikan adalah sistem angkutan masal jenis LRT (Light Rail Transit). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, pengumpulan data primer berupa survai wawancara rumah tangga, data sekunder dikumpulkan dari beberapa instansi terkait. Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu diperoleh pemodelan Y = 3.2985 + 3.3645 X1 + 1.4508 X2 + 1.5686 X3, dengan Y adalah jumlah pergerakan seluruh anggota keluarga per-hari, X1 adalah komposisi keluarga, X2 jumlah anggota keluarga yang bekerja, X3 jumlah anggota keluarga yang belajar. Berdasarkan hasil pemodelan tersebut Nilai Kofisien Determinan (R²) yang diperoleh yaitu sebesar 0,7453 atau 74,5%. Dalam menentukan konstruksi tebal lapisan perkersan jalan rel menggunakan standar ketentuan umum jalan rel didapatkan hasil yaitu : Jalan Kelas I dengan penggunaan tipe rel R.54/R.50/R.42, jenis bantalan Beton/Kayu/Baja, dan jenis penambat bisa menggunakan ganda maupun tunggal.

 

Kata Kunci : LRT (Light Rail Transit), Konstruksi Perkerasan Rel, Trip Distibution, Multiple Regression Model, Microsoft office exel.

Downloads

Published

2019-10-24