TINGKAT KEBERHASILAN PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) KELOMPOK SISWA SMK KRISTEN GETSEMANI MANADO DALAM PELATIHAN KETRAMPILAN PERBAIKAN DAN PERAWATAN MESIN PENDINGIN (REFRIGERASI)

Authors

  • Frans P. Sappu
  • Arwanto A. Lakat

Abstract

Kebutuhan tenaga kerja lokal dengan ketrampilan yang memadai saat ini sudah menjadi masalah yang harus disikapi secara bijak terutama dalam memasuki era MEA. Lapangan kerja yang tersedia selayaknya diisi oleh tenaga kerja lokal agar tidak dimasuki oleh tenaga kerja asing yang sangat berpotensi menimbulkan masalah sosial. Namun permasalahannya muncul ketika tenaga kerja lokal tersebut belum atau tidak cukup trampil bila ditinjau baik softskill maupun hardskill.
SMK Kristen Getsemani Manado sebagai lembaga penyelenggara pendidikan kejuruan (keteknikan), diwajibkan mempersiapkan para peserta didik yang aplikatip, terampil dan siap pakai. Mengingat pada permasalahan minimnya sarana praktikum dan SDM yang dimiliki, maka diperlukan adanya suporting dari pihak lain.
Melalui program PKM ini diharapkan akan menjadi solusi terhadap permasalahan minimnya sarana praktikum dan ketersediaan SDM. Kegiatan pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk mendidik dan melatih para siswa dalam mengenal secara teoretis dan sekaligus melakukan praktik dasar dari proses servis perbaikan yang umum terjadi pada mesin-mesin refrigerasi (pendingin) seperti AC, kulkas, freezer, showcase, dan lain sebagainya.
Kata kunci: Mesin refrigerasi, softskill, hardskill, praktikum

Downloads

How to Cite

Sappu, F. P., & Lakat, A. A. (2020). TINGKAT KEBERHASILAN PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) KELOMPOK SISWA SMK KRISTEN GETSEMANI MANADO DALAM PELATIHAN KETRAMPILAN PERBAIKAN DAN PERAWATAN MESIN PENDINGIN (REFRIGERASI). Jurnal Tekno Mesin, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33008

Issue

Section

Articles