SIMULASI PENGARUH JUMLAH EKSITASI PADA FILTER CHEBYSHEV TIPE I TERHADAP NILAI RATA-RATA MAGNITUDO SINYAL ACAK

Authors

  • Michael Rembet

Abstract

ABSTRAK

Dewasa ini pengukuran sinyal getaran dilakukan dengan bantuan perangkat akusisi data digital. Pada perangkat akusisi data tersebut digunakan rangkaian filter. Sayangnya penggunaan filter dapat mengakibatkan perubahan spektrum yang diperoleh.

Dalam penelitian ini, pengaruh jumlah eksitasi pada filter analog terhadap nilai rata-rata magnitudo diungkapkan. Pengungkapan tersebut dilakukan dengan bantuan simulasi. Filter yang akan dieksitasi adalah filter Chebyshev tipe I berorde lima. Simulasi itu dilakukan dengan cara filter dieksitasi oleh sinyal acak. Mula-mula, eksitasi ini dilakukan sebanyak sepuluh kali. Sinyal acak tersebut, dibangkitkan dengan bantuan perangkat lunak. Setelah itu, respon filter dalam domain waktu ditransformasi ke domain frekuensi. Pada domain frekuensi, respon filter di tiap frekuensi kemudian dirataratakan. Namun selang frekuensi yang dirataratakan tersebut berada pada selang frekuensi di sekitar frekuensi potong (cut off frequency). Selanjutnya simulasi dilakukan untuk jumlah eksitasi hingg 150 kali dengan selang pertambahan sebesar sepuluh kali.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan, disimpulkan bahwa nilai terbesar dari persentase tertinggi beda magnitudo adalah 67 % pada jumlah eksitasi sebanyak satu kali. Di lain  pihak nilai terendah dari persentase tertinggi beda magnitudo adalah 3,5 % pada jumlah eksitasi sebanyak 150 kali. Ini berarti semakin banyak jumlah eksitasi, semakin kecil pula persentase tertinggi beda magnitudo.

Kata kunci : Filter Chebyshev Tipe I, Simulasi Eksitasi, Sinyal Acak

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Rembet, M. (2022). SIMULASI PENGARUH JUMLAH EKSITASI PADA FILTER CHEBYSHEV TIPE I TERHADAP NILAI RATA-RATA MAGNITUDO SINYAL ACAK. Jurnal Tekno Mesin, 8(2), 15–18. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/44705

Issue

Section

Articles