Persepsi Pemuda Kelurahan Kalumpang Terhadap City Branding Kota Ternate

Penulis

  • Muhammad Gibran H Hairudin Program Studi Sosiologi Unsrat
  • Juliana Tumiwa Program Studi Sosiologi Unsrat
  • Anthonius Purwanto Program Studi Sosiologi Unsrat

Abstrak

Dalam pembicaraan nation branding ketika Indonesia di kancah internasional lebih condong terkenal sebuah daerah yang bernama Bali. Adanya fenomena tersebut kemudian membuat pemerintah Indonesia untuk menguatkan kembali nation branding Indonesia. Langkah yang ditempuh oleh pemerintah ialah merekomendasikan para kepala pemerintah daerah untuk melakukan city branding masing-masing daerahnya. Kota Ternate merupakan salah satu kota yang turut berpartisipasi dalam melakukan kreasi terhadap kotanya. Walaupun sebenarnya Ternate mempunyai beberapa image city yang merupakan bagian dari city branding seperti kota Jasa, kota Madani, kota Sejarah bahkan kota Budaya, akan tetapi, semuanya belum dikemas secara jelas dengan konsep city branding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. City branding kota Ternate yang masih tergolong baru, tentu masih banyak tugas yang harus dikerjakan, baik dari pemerintah, stakeholder terkait maupun masyarakat kota Ternate dalam rangka  menguatkan citra kota Ternate sebagai Kota Rempah. Kota Rempah sebagai identitas kota Ternate juga diharapkan bisa memperoleh persepsi dan kesan positif dari pemuda yang merupakan bagian dari masyarakat kota Ternate. Sebab, persepsi dari pemuda bisa jadi hal penting untuk mengevaluasi sejauh mana pembangunan city branding Kota Ternate berlangsung.

 

Kata Kunci: Persepsi, City Branding, Pemuda

Diterbitkan

2023-03-12