PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR TRADISIONAL (STUDI PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA MANADO)

Authors

  • Altje Lenny Tumbel
  • Paulina Van Rate

Abstract

Pasar merupakan kumpulan penjual potensial atas tawaran pasar tertentu. Seiring perkembangannya, pasar terbagi atas pasar tradisional dan pasar modern. Karakteristik pasar tradisional, yaitu: sebuah lokasi bisnis ritel dalam suatu kota yang menawarkan proses tawar menawar dalam bertransaksi, mampu menampung banyak penjual, dilaksanakan dengan manajemen tanpa perangkat teknologi modern dan memiliki golongan pedagang menengah ke bawah, dan memiliki masa operasi rata-rata dari subuh sampai siang atau sore hari. Sedangkan pasar modern menggunakan teknologi modern, konsumen dan pedagangnya dari golongan menengah ke atas, harga yang ditawarkan tetap dan sistem pelayanannya sendiri. Keberadaan pasar tradisional dewasa ini mulai tersaingi bahkan tergeser oleh perkembangan jumlah pasar modern dalam bentuk minimarket, supermarket, hypermarket dan department store. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor dan variabel-variabel dominan yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian di pasar tradisonal yang ada di Kota Manado. 100 konsumen pasar tradisional di Kota Manado telah disurvei sebagai responden. Secara parsial, Harga, Lokasi, Keragaman Produk, dan Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap terhadap keputusan pembelianpara konsumen pada Pasar Tradisional di Kota Manado. Secara simultan Harga, Lokasi, Keragaman Produk, dan Kualitas berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian parakonsumen pada Pasar Tradisional di Kota Manado.

Downloads

Issue

Section

Articles