PKM KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA (IRT) DI KELURAHAN PANIKI BAWAH KECAMATAN MAPANGET
Abstract
Artikel ini merupakan hasil kegiatan PKM yang dilaksanan di Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado, dengan target Ibu Rumah Tangga (IRT). Tujuan dari kegiatan PKM ini untuk menambah pemahaman, pelatihan dan pendampingan kepada IRT mengenai motivasi untuk berwirausaha, pengembangan usaha, dan manajemen usaha. Kelurahan Paniki bawah terletak di pada ketinggian kurang lebih 65 meter di atas permukaan laut dan merupakan suatu hamparan perkebunan yang cukup rata. IRT merupakan pekerjaan yang mulia, namun tingkat kesejahteraan keluarga akan meningkat apabila suami istri memiliki pendapatan yang akan menunjang ekonomi keluarga. Dengan demikian kegiatan PKM ini dilaksanakan berupa sosialisasi mengenai wirausaha dan pengembangan usaha dalam kegiatan IRT yang ada di Kelurahan Panili Bawah. Sosialisasi ini diselenggarakan telah disesuaikan dengan permasalahan kebutuhan yang dihadapi IRT di Kelurahan Paniki Bawah. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu: Pertama, pembentukan Tim, Pra survei, pembuatan tim dan proposal, koordinasi dengan mitra, serta persiapan perlengkapan yang dibutuhkan, Kedua, Pelaksanaan kegiatan berupa sosialisasi. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan melalui pemberian materi dan diskusi. Ketiga, laporan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbandingan sebelum dan sesudah kegiatan PKM ini dilaksanakan, kemudian pembuatan laporan. Hasil dan luaran dalam kegiatan PKM ini adalah IRT yang ada di Kelurahan Paniki Bawah adalah para peserta mengalami peningkatan jiwa entrepreneur, dapat membuat perencanaan bisnis, peningkatan pemahaman mengenai strategi pemasaran yang lebih efisien melalui pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan penjualan. Adanya kegiatan PKM ini, maka terjadi perbaikan dalam masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan melalui wirausaha baru _____________________________________________________________________________Kata Kunci: Motivasi, Perencanaan Bisnis, Strategi Pemasaran