Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Authors

  • Ester Debora Sihaloho Sam Ratulangi University

Abstract

ESTER DEBORA SIHALOHO, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.  (Di bawah bimbingan Ventje Ilat dan I Gede Suwetja)

 

 

Sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas diperlukan adanya prosedur atau sistem yang baik yang nantinya akan sesuai dengan kebijakan manajemen yang telah ditetapkan. Adanya sistem informasi akuntansi yang ditetapkan akan memepermudah kinerja dalam pengeloalaan serta dapat mencegah timbulnya penyelewengan terhadap kas. Pada penelitian ini bertujuan untuk:  mengetahui apakah penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas sudah memenuhi unsur-unsur pokok sistem informasi akuntansi. Objek pada penelitian ini adalah PT PLN (PERSERO) UIW SULUTTENGGO. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian PT PLN sudah memenuhi unsur pokok sistem informasi akuntansi namun sebagian dari penerimaan dan pengeluaran kas sistemnya dilakukan secara terpusat sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyelewengan kas pada perusahaan.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan dan Pengeluaran Kas.

Author Biography

Ester Debora Sihaloho, Sam Ratulangi University

Malalayang 1 Barat ling. 8 Manado

 

Downloads

Published

2022-04-28