Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak Dalam Upaya Meningkatkan Target Penerimaan Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu)

Authors

  • Ivana Anggraeni Rasubala

Abstract

ABSTRAK

Ivana Anggraeni Rasubala, 2021. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Dan Penagihan Pajak Dalam Upaya Meningkatkan Target Penerimaan Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu) ( Di bawah bimbingan Novi S. Budiarso dan Stanley Kho Walandouw ).

 

Konsep efektivitas yang dikaitkan dengan pemeriksaan dan penagihan adalah seberapa besar realisasi yang dapat dicapai atas target yang telah ditetapkan oleh pihak KPP di setiap tahunnya untuk memenuhi tujuan yang telah ditentukan. Ini dilihat dari segi penyelesaian dengan berdasarkan pada jumlah Surat Peritah Pemeriksaan Pajak (SP2) dan dari segi penerimaan atas hasil pemeriksaan dengan didasarkan pada jumlah target dan realisasi Surat Ketetapan Pemeriksaan serta penyelesaian penagihan pajak melalui surat paksa dan surat teguran serta dari segi penerimaan pajak dari wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pemeriksaan pajak, efektif tidaknya penagihan pajak, faktor penghambat pelaksanaan pemeriksaan serta tingkat efektivitas pemeriksaan pajak dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak pertambahan nilai di KPP Pratama Kotamobagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, studi kepustakaan dan wawancara dengan mengumpulkan data berupa target dan realisasi penerimaan pajak pertambahan nilai, data SP2 dan SKP, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai proses pemeriksaan yang dilakukan dalam meningkatkan penerimaan pajak di KPP Pratama Kotamobagu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pemeriksaan di KPP Pratama Kotamobagu cukup optimal. Hal tersebut dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan efektivitas pemeriksaan pajak berdasarkan SP2 dan SKP dimana dinyatakan sangat efektif, cukup efektif dan efektif berurutan dari tahun 2018- 2020 dan SKP dinyatakan sangat efektif pada tahun 2018 dan efektif pada tahun 2019-2020.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak, Penerimaan Pajak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

The concept of effectiveness which is associated with tax audit and tax collection is about how much the realization can be accomplished on a target that has been set by the tax office in each year to meet its intended purpose. It is from the settlement point of view based on the amount of Tax Warrant (SP2) and from the revenue of the examinations results based on the number of targets and the realization of the examination provisions (SKP), also completion of tax collection through forced and repriment letter as well. This study aims to determine the level of effectiveness of tax audits in order to increase value added tax revenue at tax office of Kotamobagu. The method used in this study is a descriptive research method with a qualitative. Data analysis techniques used in this research are observation, literature study and interviews by collecting data in the form of targets and realization of value added tax reve- nue, SP2 and SKP data. So it can provide a clear picture of the audit process carried out by increasing tax revenues at the KPP Pratama Kotamobagu. Based on the results of this study indicate that the inspection process at KPP Pratama Kotamobagu is quite optimal. This can be seen from the results of calculations that show the effectiveness of tax audits based on SP2 and SKP which are declared very effective, quite effective, and effective sequentially from 2018-2020 and SKP are declared very effective in 2018 and effective in 2019-2020.

 

Keywords: Effectiveness, Tax Audit, Tax Collection, Tax Revenue

Downloads

Published

2022-06-01