ANALISIS KUALITAS LAYANAN DALAM MEWUJUDKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SAMSAT MANADO
Abstract
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang harus dibayar oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang mengoperasikan kendaraannya di jalan umum. Pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan melalui layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan dalam mewujudkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Samsat Manado. Objek penelitian ini adalah Kantor Samsat Manado. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu mengumpulkan, mengolah dan menguraikan data. Data penelitian diperoleh dari studi pustaka dan melakukan wawancara serta dokumentasi dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan dalam hal Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy pada Kantor Samsat Manado sudah dilaksanakan sebagaimana dijelaskan dalam teori kualitas layanan. Saran untuk Kantor Samsat Manado agar menambah loket-loket atau kasir pembayaran sehingga tidaka terjadi penumpukan atau antrian yang terlalu banyak serta melakukan sosialisasi agar masyarakat (wajib pajak) menyadari akan tugas dan kewajibannya untuk membayar pajak sebagai Wajib Pajak bagi yang memiliki kendaraan bermotor.
Â
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang harus dibayar oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang mengoperasikan kendaraannya di jalan umum. Pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan melalui layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan dalam mewujudkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Samsat Manado. Objek penelitian ini adalah Kantor Samsat Manado. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu mengumpulkan, mengolah dan menguraikan data. Data penelitian diperoleh dari studi pustaka dan melakukan wawancara serta dokumentasi dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan dalam hal Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy pada Kantor Samsat Manado sudah dilaksanakan sebagaimana dijelaskan dalam teori kualitas layanan. Saran untuk Kantor Samsat Manado agar menambah loket-loket atau kasir pembayaran sehingga tidaka terjadi penumpukan atau antrian yang terlalu banyak serta melakukan sosialisasi agar masyarakat (wajib pajak) menyadari akan tugas dan kewajibannya untuk membayar pajak sebagai Wajib Pajak bagi yang memiliki kendaraan bermotor.
Â
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor