Kinerja Manajer Pusat Pendapatan di Era Wabah Covid-19 (Studi Kasus Pada PT Hasjrat Abadi Cabang Tendean)

Indonesia

Authors

  • Nutfah JH Syarif Universitas Sam Ratulangi
  • I Gede Suwetja Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Abstrak: Berbagai macam kebijakan yang telah diambil pemerintah belum dapat mengurangi jumlah angka COVID-19. Selain itu, pandemi COVID-19 telah berdampak terhadap sedikitnya dua ruang lingkup, yaitu setiap tingkatan aktor (level of analysis) dan berbagai aspek kehidupan (aspects or issues). Dampak dari tingkatan aktor seperti individu, komunitas, masyarakat dan perusahaan. Begitu pula berbagai aspek kehidupan mulai dari kesehatan, aspek sosial, ekonomi dan politik. Hal ini tentunya juga berlaku terhadap kinerja. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu hasil kinerja manajer pusat pendapatan pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean masa pandemic Covid-19 apabila diukur menggunakan informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat ukur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kinerja manajer pusat pendapatan pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean di masa pandemic Covid-19 apabila diukur dengan informasi akuntansi pertanggungjawaban, masihlah kurang baik hal ini terlihat dari realisasi anggaran yang tidak mencapai dari apa yang di anggarkan sehingga perlu adanya punishment berupa teguran agar kinerjanya dapat diperbaiki kembali. Sebaiknya PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean perlu memberi perhatian lebih terkait kinerja manajer pusat pendapatan di masa pandemic

 

Kata kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Kinerja, Pusat Pendapatan, Covid-19

Downloads

Published

2023-01-18

Most read articles by the same author(s)