Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Levers Of Control Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bagian Operasional Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Manado 95000
Abstract
Abstrak: Setiap badan usaha membutuhkan kinerja karyawan yang optimal. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, badan usaha membutuhkan sistem pengendalian manajemen yang baik, dalam proses pengambilan keputusan, perencanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi sistem pengendalian manajemen berbasis levers of control untuk meningkatkan kinerja karyawan di bagian operasional pada PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Manado 95000. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian manajemen berbasis levers of control sudah diterapkan cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi agar kinerja karyawan bisa semakin optimal. Selain itu manajer di bagian operasional diharapkan mempertahankan kinerja dan produktivitasnya, meningkatkan pengawasan kepada karyawan dalam bekerja untuk mencapai tujuan badan usaha.
Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Karyawan