EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (STUDI KASUS PADA DESA TIOUA KECAMATAN TOBELO SELATAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA)

EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (STUDI KASUS PADA DESA TIOUA KECAMATAN TOBELO SELATAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA)

Authors

  • Laura Waworuntu Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Abstrak: Pendapatan adalah semua penerimaan Desa dalam satu tahun anggaran yang menjadi hak Desa dan tidak perlu dikembalikan oleh Desa. Belanja Desa adalah semua pengeluaran yang merupakan kewajiban Desa dalam satu tahun anggaran yang tidak akan diterima kembali oleh Desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem dan prosedur akuntansi pendapatan dan belanja desa di Desa Tioua Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara sudah sesuai atau belum dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatis, dimana dalam pengumpulan data dilakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Sistem dan Prosedur Akuntansi Pendapatan dan Belanja Desa (Studi Kasus pada Desa Tioua Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara) sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Kata Kunci: Sistem dan Prosedur, Pendapatan Desa, Belanja Desa


Abstract: Revenue is all Village revenues in one fiscall year which are the rights of the village and do not be returned by the village. Village expenditures are all expenditures which are obligations of the Village in one fiscal year which will not bw received back by the village. The purpose of this study used a qualittative descriptiv methode, where interviews and documentation were carried out in data collectioin, to find out whether the villagen income and expenditure accouting system and procedures for accounting for village income and expenditure in tioua villagen,south tobelo District, North Halmahera Regency were in accordance with the Relulation of the minister of home Affairs Number 20 of 18 concerning Village Financial Management. The results of this study indicate that the Village Revenue and Expenditure Accaunting System and Procedure (Case Studi in Tioua Villagen, Sputh Tobelo District, North Halmahera Regency) is not in accordance with the Regulation of the Minister of Home Affairs Number 20 of 18 concerning Village Financial management.
Keywords: System and Procedure, Village Income, Village Expenditure

Downloads

Published

2023-04-09