Perhitungan Harga Pokok Produksi Kopi Bubuk Kemasan Dalam Penetapan Harga Jual Dengan Menggunakan Metode Variable Costing (Studi Kasus Pada CV. Pundi Emas)

Calculation of the Cost of Goods Produced by Packaged Ground Coffee in Determining the Selling Price Using the Variable Costing Method (Case Study on CV. Pundi Emas)

Authors

  • Axl David Dotulong Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy J. Pusung Universitas Sam Ratulangi
  • Ventje Ilat Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perhitungan harga pokok produksi kopi bubuk kemasan dalam penetapan harga jual dengan menggunakan metode variable costing. Penelitian ini dilakukan di CV. Pundi Emas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertjuan untuk mendeskripsi, mengklasifikasi, dan menganalisis data biaya produksi yang ada di CV. Pundi Emas. Hasil penelitian perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode yang digunakan oleh perusahaan mendapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode variable costing karena metode yang digunakan oleh perusahaan memperhitungkan seluruh biaya walapun tidak terlibat langsung dalam proses produksi sedangkan metode variable costing hanya memperhitungkan biaya yang terlibat langsung di dalam proses produksi. Penetapan harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan juga masih jauh lebih tinggi dibandingkan harga jual yang dihitung menggunakan metode variable costing, walaupun keduanya mengharapkan laba yang sama yaitu 50% dari harga pokok produk.

Downloads

Published

2023-02-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>