Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Pengelolaan Sarana dan Prasarana pada SMA Katolik Karitas Tomohon

Analysis of The Principal's Leadership on The Management of Facilities and Infrastructure at Karitas Tomohon Catholic High School

Authors

  • Milka Pantouw Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan dari kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana, dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah di dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah di SMA Katolik Karitas Tomohon. Pada dasarnya metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Untuk penyajian datanya dilakukan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian: (1)peran kepemimpinan kepala sekolah di SMA Katolik Karitas Tomohon yaitu sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah mampu menjadi seorang pemimpin agar mencapai Visi dan Misi dari sekolah tersebut (2)pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan di SMA Katolik Karitas Tomohon yaitu sudah berjalan dengan bagus mulai dari perencanaan, pengadaan, pemakaian, pemeliharaan, inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan (3) kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah di dalam pengelolaan sarana dan prasarana yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal juga adanya faktor penunjang dan faktor penghambat.

 

Kata kunci: Kepemimpinan, Pengelolaan Sarana dan Prasarana

 

Abstract: The research aims to determine the leadership role of the school principal, the principal's leadership in managing facilities and infrastructure, and to determine the obstacles faced by the principal in managing school facilities and infrastructure in SMA Katolik Karitas Tomohon. Basically the research method carried out by researchers is a qualitative method. To present the data, three stages were carried out, namely: data reduction, data presentation, and data inference. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results of the study: (1) the leadership role of the principal at Caritas Tomohon Catholic High School, namely as a leader, the principal is able to become a leader in order to achieve theVision and Mission of the school (2) the management of facilities and infrastructure carried out at Caritas Tomohon Catholic High School, namely already running well starting from planning, procurement, use, maintenance, inventory of educational facilities and infrastructure (3) the obstacles faced by school principals in managing facilities and infrastructure, namely the presence of internal factors and external factors as well as supporting factors and inhi biting factors.

 

Keywords : Leadership, Management of Facilities and Infrastructure

Downloads

Published

2023-11-04