Analisis Peranan Perceived Organizational Support (POS) dan Beban Kerja terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening di Rumah Sakit Bhayangkara Tk.Iii Manado
The Analysis Of Role Of Perceived Organizational Support (POS) and Workload on Turnover Intention with Job Satisfaction as an Intervening Variable in Bhayangkara Tk.III Manado Hospital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis peranan variabel independen (perceived organizational support (pos) dan beban kerja) terhadap variabel dependen (turnover intention) baik secara terpisah maupun bersama - sama, dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening di Rumah Sakit Bhayangkara Tk.III Manado. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 responden perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Tk.III Manado. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived organizational support (pos) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention, perceived organizational support (pos) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap turnover intention. Sementara itu perceived organizational support (pos) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja dan beban kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja. Maka dari itu, manajemen rumah sakit diharapkan lebih memperhatikan kepuasan kerja perawat dengan memberikan beban kerja yang sesuai juga dukungan organisasi penuh bagi kesejahteraan perawat agar meningkatkan kepuasan kerja sehingga tidak menimbulkan keinginan para perawat untuk berhenti maupun berpindah tempat kerja.
Kata Kunci: perceived organizational support (pos), beban kerja, kepuasan kerja, turnover intention