Evaluasi Perlakuan Akuntansi Revenue Expenditure dan Capital Expenditure Pada PT Makassar Mandiri Putera Utama (Dealer Mitsubishi Beta Berlian Manado)

Evaluation of Accounting Treatment Revenue Expenditure and Capital Expenditure in PT Makassar Mandiri Putera Utama (Dealer Mitsubishi Beta Berlian Manado)

Authors

  • Zefanya Wielsha Johanna Kappuw Universitas Sam Ratulangi
  • Stanly W Alexander
  • Christian Datu

Abstract

Revenue expenditure dan capital expenditure adalah pengeluaran yang terjadi terhadap aset tetap dalam perusahaan. Perlakuan akuntansi terhadap revenue expenditure dan capital expenditure haruslah sesuai dengan peraturan yang berlaku umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara perlakuan akuntansi revenue expenditure dan capital expenditure yang diterapkan perusahaan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No 16 tentang Aset Tetap sebagai acuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan dan menguraikan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi revenue expenditure dan capital expenditure yang diterapkan pada PT Makassar Mandiri Putera Utama (Dealer Mitsubishi Beta Berlian Manado) baik dari segi pengakuan, pengukuran, pencatatan dan pelaporan sudah sesuai dengan PSAK No. 16.

Downloads

Published

2023-11-09

Most read articles by the same author(s)