Penerapan Balanced Scorecard Dalam Menilai Kinerja Perusahaan pada PT Bank SulutGo Cabang Utama
Abstract
Bank merupakan suatu lembaga keuangan di mana bertemunya pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang kelebihan dana. Bank memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dari suatu negara maupun daerah, jika terjadi penurunan kinerja pada bank hal itu tentu mempengaruhi tingkat kepercayaan dari masyarakat terhadap bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard dalam menilai kinerja perusahaan pada PT Bank SulutGo Cabang Utama. Balanced scorecard merupakan salah satu alat penilaian kinerja yang di dalamnya terdiri atas dua jenis perspektif, yaitu perspektif keuangan dan perspektif non keuangan. Pada perspektif keuangan akan diukur tingkat likuiditas dan profitabilitas dengan menggunakan LDR, LAR dan NPM. Pada perspektif non keuangan akan diukur perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT Bank SulutGo Cabang Utama memiliki kinerja yang cukup baik secara keseluruhan diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard. Namun diperlukan peningkatan kinerja pada perpektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.