Analisis Mekanisme dan Prosedur Pencairan Alokasi Dana Desa di Desa Karalung Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Analysis of Mechanisms and Procedures for Disbursing Village Fund Allocations in Karalung Village, East Siau District, Siau Archipelago Regency Tagulandang Biaro.

Authors

  • Veronita Anggreini Gumabo Universitas Sam Ratulangi
  • Hendrik Gamaliel
  • Lady Diana Latjandu

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beberapadaerah pemerintahan yang tiap daerah memiliki pemerintahan masing-masing, baik dari tingkat pusat sampai ke pedesaan. Desa Karalung merupakan Desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau TagulandangBiaro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme danprosedur dan faktor- faktor penyebab keterlambatan dalam prosespencairan Alokasi Dana Desa di Desa Karalung Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Hasilpenelitian menunjukan prosedur pencairan di Desa Karalung melalui 2 tahap. Tahap 1 pencairan sebesar 60% dari besaran ADD dan Tahap 2sebesar 40% atau sisa dari anggaran ADD akan diproses untuk dicairkan jika anggaran tahap pertama telah terealisasi sebesar 75% dari besaran 60% yang telah dicairkan dengan prosedur yang sama. Dan Mekanisme Pencairan di Desa Karalung telah sesuai dengan PERBUP Nomor 4 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalokasian Alokasi Dana Kampung. Adanya hambatan dalam pencairan AlokasiDana Desa di Desa Karalung yaitu jika tim Verifikasi atau disebutVerifikator tidak berada ditempat, maka dokumen ADD tidak dapat diverifikasi. Menunggu tim verifikasi untuk memverfikasi dokumen.Mengakibatkan keterlambatan pencairan di tahap 1.

Downloads

Published

2024-01-08

Most read articles by the same author(s)