PENGARUH KEBEBASAN BEKERJA, UPAYA MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF, DAN KEBERHASILAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

THE INFLUENCE OF WORK FREEDOM, EFFORTS TO MAINTAIN COMPETITIVE ADVANTAGE, AND SELF-SUCCESS ON STUDENTS' INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES SAM RATULANGI UNIVERSITY

Authors

  • Grinita Tandiapa Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Minat berwirausaha dapat ditingkatkan dengan bantuan pendidikan kewirausahaan. Minat berwirausaha didefinisikan sebagai keinginan seseorang untuk mewujudkan perilaku kewirausahaan dan mempraktikkan kewirausahaan menjadi wirausaha atau memulai bisnis baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kebebasan bekerja, upaya mempertahankan keunggulan kompetitif, dan keberhasilan diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020 fakultas ilmu sosial dan politik yang berwirausaha pada universitas sam ratulangi berjumlah 85 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Dengan hasil uji dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa kebebasan bekerja berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha, upaya mempertahankan keunggulan kompetitif berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, dan keberhasilan diri berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha.

Downloads

Published

2024-01-20