Pengaruh Profesionalisme, Beban Kerja dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara

The Effect of Professionalism, Workload, and Competence on Work Productivity at the Regional Disaster Management Agency (BPDB) of North Sulawesi Province.

Authors

  • Freshtica Claudya Callin Umboh Unsrat
  • Christoffel Kojo
  • Debry C.A. Lintong

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk menganalisis pengaruh profesionalisme, beban kerja dan kompetensi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 81 responden pegawai. Data penelitian ini diperoleh dari metode kuantitatif data primer (kuesioner) dan studi kepustakaan sesuai tujuan penelitian. Teknik analis menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme dan kompetensi berpangaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivtias kerja dan beban kerja tidak berpengaruh dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar terus mengevaluasi dan memperhatikan profesionalisme, beban kerja dan kompetensi untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai.

Downloads

Published

2024-01-18