Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Bank BRI Kantor Unit Karombasan
Bahasa Indonesia
Abstract
Abstrak: Persaingan bisnis dalam industri perbankan semakin ketat, apalagi sekarang dalam menghadapi era perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju. Perusahaan perbankan diharuskan melakukan berbagai macam strategi serta inovasi-inovasi yang baru kedalam produknya agar bersaing dengan perusahaan perbankan satu dengan lainnya. Balanced Scorecard merupakan salah satu perancangan strategi untuk mengukur kinerja perusahaan baik dilihat pada sisi keuangan maupun non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan pada PT. Bank BRI Kantor Unit Karombasan apabila diukur dengan metode Balanced Scorecard. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dari perspektif keuangan sangat baik, karena sesuai dengan ketentuan standar Bank Indonesia. Pada perspektif pelanggan menunjukkan bahwa perusahaan mampu memperoleh nasabah baru selama tahun 2016 sampai 2018. Pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa perusahaan telah mengembangkan inovasi dalam menghadapi era globalisasi, dengan menciptakan kecerdasan buatan yang bernama SABRINA dan BRIMO (BRI Mobile) yang digunakan untuk pembukaan rekening simpanan serta transaksi dan pembayaran online. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, retensi karyawan dikatakan cukup baik karena perusahaan mampu mempertahankan karyawannya, dan produktivitas karyawan mengalami kenaikan pada tahun 2016 sampai 2017, tetapi di tahun 2018 mengalami penurunan.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif