PENINGKATAN PROSES HASIL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KOMPETENSI DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN
Abstract
Proses pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk memahami konsep alat analisis dalam pengambilan keputusan bidang Manajemen Pemasaran sehingga dipahami dan diharapkan mampu meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, serta bagaimana membangun teknik mengajar yang baik dan metode evaluasi mahasiswa yang objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kompetensi berbasis pembelajaran pada umumnya memiliki pengaruh yang signifikan dalam hasil proses pembelajaran yaitu: 1) Peningkatan jumlah mahasiswa yang lulus dalam mengevaluasi mata kuliah Manajemen Pemasaran dengan menggunakan metode pembelajaran seperti metode simulasi di kelas dengan mencontohi pemecahan kasus-kasus terkini seiring perkembangan teori Manajemen Pemasaran. 2) Meningkatkan nilai mata kuliah Manajemen Pemasaran yang dapat mengubah IPK mahasiswa. 3)Meningkatkan suasana akademik. Hasil evaluasi ini terlihat bahwa pencapaian tujuan pembelajaran terpenuhi, dengan tingkat kelulusan mahasiswa meningkat menjadi 91% yang berarti penerapan bahan ajar dan proses hasil pembelajaran berdasarkan kompetensi dilakukan secara baik, sehingga dapat menjamin mutu pelaksanaan perkuliahan yang dilakukan.Kata kunci: manajemen pemasaran, proses pembelajaran, kompetensi, pembelajaran.