HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PERSEPSI BELAJAR SETELAH LULUS PADA PRAJA IPDN KAMPUS SULAWESI UTARA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji informasi adanya hubungan kepribadian dalam hal motivasi berprestasi dan persepsi belajar praja IPDN dan mengevaluasi keberhasilan sistem Tritunggal terpusat, yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan dalam mengembangkan kepribadian praja. Populasi dalam penelitian ini ialah praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulawesi Utara. Sampel penelitian ialah 30 orang Madya Praja tingkat II semester 3 dan 30 orang praja tingkat III semester 5. Sampel ditentukan secara acak. Melalui angket berprestasi dan prestasi kerja maka diketahui bahwa tidak ada korelasi antara berprestasi dan persepsi belajar.
Berprestasi dalam diri seorang praja telah terbentuk dengan adanya sistem pendidikan Tritunggal Terpusat. Untuk itu dalam meraih prestasi kerja merupakan usaha dalam diri praja sendiri agar bisa mencapai hasil maksimal kelak ketika mereka berada di lapangan kerja nanti dan tentunya berbekal dari apa yang telah mereka peroleh selama berada dalam lembaga pendidikan IPDN.
Kata Kunci : Motivasi, Prestasi, Persepsi Belajar
Â