PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI OBAT ANTIHIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN PASIEN PESERTA PROLANIS DI PUSKESMAS WORI

Authors

  • Stevi Imanuela Yohanis Unsrat
  • Gayatri Citraningtyas Universitas Sam Ratulangi
  • Olvie Syenni Datu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/pha.12.2023.48760

Keywords:

Pemberian informasi obat, Pengetahuan, Kepatuhan, Antihipertensi

Abstract

Pemberian informasi obat merupakan bagian dari pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi obat antihipertensi terhadap tingkat pengetahuan dan kepatuhan pasien peserta prolanis di Puskesmas Wori. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang diterapkan adalah one grup pre-test post-test dan untuk menentukan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Responden berjumlah 60 pasien yang telah memenuhi kriteria. Data dianalisis dengan SPSS menggunakan uji beda berpasangan atau paired T-Test, nilai dari hasil kuesioner pengetahuan dan kepatuhan adalah 0,000 (<0,05). Nilai signifikasi yang diperoleh menunjukkan pengaruh dari perlakuan yang diberikan terhadap tingkat pengetahuan dan kepatuhan. Perlakuan yang diberikan kepada responden adalah pemberian informasi obat antihipertensi. Peningkatan hasil kuesioner tingkat pengetahuan dan kepatuhan pada pre-test dan post-test menunjukkan perubahan yang dipengaruhi oleh perlakuan yang diberikan. Disimpulkan terdapat pengaruh dari pemberian informasi obat antihipertensi terhadap tingkat pengetahuan dan kepatuhan pasien prolanis.

References

Christi D.T., Grace D.K., Jeni E.N., 2018. Hubungan antara Umur dan Aktivitas Fisik dengan Derajat Hipertensi di Kota Bitung Sulawesi Utara. Jurnal Kesmas.7(5).

Hariadini, A.L.,Pamungkas, S.S.A., Sidharta, B. 2020. Pengaruh Pemberian Informasi Obat Antihipertensi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Pasien Peserta PROLANIS di Puskesmas Gedangan Kabupaten Malang. Jurnal farmasi Indonesia. 6 (1): 63-68.

Kementrian kesehatan RI. 2019. Hasil Utama Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Kementrian kesehatan RI. 2019. Laporan Provinsi Sulawesi Utara Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Kristiawan, P.A Nugroho., Theresia P.E Sanubari., Jein M.R., 2019. Faktor Resiko Penyebab Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Lor Kota Salatiga. Jurnal kesehatan Kusuma husada.

Ngurah, I.G.K.G., Yahya Cahyani, N.K.V. 2017. Gaya Hidup Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan.

Rita, Vidywati., Anwari., Misbhakul. 2018. Pengaruh Senam Anti Hipertensi Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia di Desa Kemungningsari Kecamatan Panti Kabupaten Jember. The Indonesian Journal Of Health Science. 4: 160-64

Sumah Dene Fries. 2019. Efektivitas Pendidikan Kesehatan dan Senam Hipertensi Terhadap Perubahan Tekanan Darah dan Pengetahuan Pasien Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Nusaniwe Ambon. Global Health Science. 4(2).

Tumondo, D.G., Wiyono, W.I., Jayanti, M. 2021. Tingkat Kepatuhan Penggunaan Obat Antihipertensi di Puskesmas Kema Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Pharmacon. 10(4).

WHO.2019.Hypertension.https://www.who.int/newsroom/factsheets/detail/hypertension.[17 Oktober 2022].

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Yohanis, S. I., Citraningtyas, G., & Datu, O. S. (2023). PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI OBAT ANTIHIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN PASIEN PESERTA PROLANIS DI PUSKESMAS WORI. PHARMACON, 12(3), 276–282. https://doi.org/10.35799/pha.12.2023.48760

Issue

Section

Articles