Analisis Pelayanan Informasi Obat Kepada Pasien di Instalasi Farmasi RSUD Kotamobagu

Authors

  • Admia Terkasih Mokoginta Universitas Sam Ratulangi
  • Widya Astuty Lolo Universitas Sam Ratulangi
  • Karlah L. R. Mansauda Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49326

Keywords:

Pelayanan kefarmasian, Pelayanan informasi obat (PIO), Instalasi Farmasi

Abstract

Pelayanan informasi obat sangat penting dalam upaya untuk menunjang pengelolaan dan penggunaan obat secara rasional. Pelayanan informasi obat sangat mempengaruhi tingkat pengetahuan pasien terhadap obat yang diterima. Suatu pelayanan dikatakan baik apabila sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian pelayanan informasi obat di instalasi farmasi rumah sakit umum daerah kotamobagu dengan mengacu pada Permenkes No. 72 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap apoteker rumah sakit umum daerah kotamobagu. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat di instalasi farmasi rumah sakit umum daerah kotamobagu belum sesuai dengan standar permenkes dimana kegiatan pelayanan informasi obat meliputi menjawab pertanyaan,menerbitkan buletin,leaflet dan poster, menyediakan informasi, serta melakukan kegiatan penyuluhan bagi pasien rawat jalan belum terlaksana sepenuhnya sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan informasi obat belum sesuai dengan standar Permenkes No. 72 Tahun 2016.

 

   Kata kunci: Pelayanan kefarmasian, Pelayanan informasi obat (PIO), Instalasi Farmasi

References

Adityawati, R., Elmiawati, L., & Widarika, S.H. 2016. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Puskesmas Grabag I. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis Vol. 1 Nomor 2.

Anggraini. 2008. Pengaruh Proses Pengembangan dan Revisi Formularium Rumah Sakit Terhadap Pengadaan dan Stock Obat. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. Hal 41 – 49.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Arifah, L.S. 2015. Analisis Kualitas Informasi Obat untuk Pasien di Apotek Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

EDQM. 2021. Pharmaceutical Care – Polices for a Safer, More Responsible and Cost – Effective Health System. Directorate for the Quality of Medicines & Healtth Care of the Council of Europe (EDQM). France, P. 7.

Fadriyanti, Y., dan Suryarinilsih, Y. 2018. Hubungan Jam Kerja dan Karakteristik Perawat Pelaksana dengan Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien pada Rumah Sakit di Kota Padang. Menara Ilmu. Vol 12 No. 6.

Karina, N. 2012. Gambaran Beban Kerja Pegawai di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah [Skripsi]. Universitas Indonesia, Depok

Made, N. 2020. Persepsi Perawat Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Robert Wolter Monginsidi Manado, Universitas Sam Ratulangi, Jurnal Ilmiah. Volume 9 Nomor 2.

Miftahudin. 2019. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Ilmiah. Vol 2 (1), Hal 16-16.

Novaryatiin, S., Ardhany., Syahrida, D., dan Aliyah, S., 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Borneo Journal of Pharmacy. Volume 1 issue, Page 22-26.

Pulungan, R., Chan, A., dan Fransiska, E., 2019. Evaluasi Penggunaan Obat Rasional di Puskesmas Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Dunia Farmasi. Vol 3, Hal 144-152.

Santoso, R. 2021. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang Jawa Tengah. [Skripsi].

Yamada, K., & Nabeshima, T. 2015. Pharmacist – managed clinics for patient education and conselling in Japan : Cirrent status and future perspective. Journal of Pharmaceutical Health Care and Sciences (JPHCS)

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Mokoginta, A. T., Lolo, W. A., & Mansauda, K. L. R. (2024). Analisis Pelayanan Informasi Obat Kepada Pasien di Instalasi Farmasi RSUD Kotamobagu. PHARMACON, 13(1), 448–456. https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49326

Issue

Section

Articles