IDENTIFIKASI BAHAN KIMIA OBAT SILDENAFIL SITRAT PADA JAMU KUAT YANG BEREDAR DI KOTA MANADO

Authors

  • Astrid Maulani Runtukahu Universitas Sam Ratulangi
  • Fatimawali Universitas Sam Ratulangi
  • Elly Juliana Suoth Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49343

Keywords:

Sildenafil Sitrat, Spektrofotometri UV-Vis, Jamu Kuat, Panjang Gelombang

Abstract

Penambahan bahan kimia obat dengan jamu sering dilakukan guna meningkatkan khasiat obat tradisional. Sildenafil sitrat adalah obat yang digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria sering ditambahkan dalam jamu kuat. Penggunaan tanpa pengawasan medis yang tepat dapat meningkatkan resiko efek samping yang serius. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kandungan sildenafil sitrat dalam jamu kuat. Sampel jamu kuat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5 macam merek jamu kuat yang dijual di sekitar Manado. Sampel diambil dengan secara purposive sampling. Metode penelitian dilakukan secara dekriptif dengan analisa kualitatif menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Hasil penelitian menunjukan adanya jamu yang mengandung sildenafil sitrat yaitu sampel jamu C, D dan E mempunyai spektrum panjang gelombang yang hampir sama dengan baku sildenafil sitrat dengan λmax : 292 nm.

Kata Kunci : Sildenafil Sitrat, Spektrofotometri UV-Vis, Jamu Kuat, Panjang Gelombang.

References

Auso, E., Gomez-vicente, V. and Esquiva, G. 2021. Visual Side Effects Linked to Sildenafil Consumption: An Update. Biomedicines. 9(3)

BPOM RI. 2015. Obat Tradisional Mangandung Bahan Kimia Obat. Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.

BPOM RI. 2021. Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan. Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Jakarta.

Elsan, R. dan T. Minarsih. 2022. Analisis Sildenafil Sitrat dalam Jamu Kuat menggunakan Metode Spektrofotometri UV-Vis. Indonesian Journal of

Pharmacy and Natural Product. 05(1).

Noviardi, H., Sari, B. L. and Malik, M. W. 2016. Optimasi Waktu Maserasi Sildenafil Sitrat Dalam Jamu Kuat Yang Beredar Di Bogor Barat. Jurnal Farmamedika (Pharmamedica Journal). 1(2): 92–100.

Sidoretno, W.M. dan Ira. O. 2018. Edukasi Bahaya Bahan Kimia Obat yang Terdapat Didalam Obat Tradisional. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2).

Saragih, E.B. 2014. Analisis Kandungan Sildenafil Sitrat Dalam Pil Biru yang Dijual di Daerah Ciputat [skripsi]. Universitas Islam Negri Syarif

Hidayatullah, Jakarta.

Sutrisno, Y.G., Siska. K., Diani. S.A., Eva. K., Nabila. F., Hendri. W. 2017. Analisis Kualitatif Uji Strip Sildenafil Sitrat dengan Kombinasi Beberapa Reagen dalam Membram Kertas Selulosa. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. 15(2): 128133.

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Runtukahu, A. M., Fatimawali, & Suoth, E. J. (2023). IDENTIFIKASI BAHAN KIMIA OBAT SILDENAFIL SITRAT PADA JAMU KUAT YANG BEREDAR DI KOTA MANADO. PHARMACON, 13(1), 523–528. https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49343

Issue

Section

Articles