Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Risiko di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Manado

Authors

  • Marchella Sofi Van Woesik Universitas Sam Ratulangi
  • Widya Astuty Lolo Universitas Sam Ratulangi
  • Gerald Edward Rundengan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49438

Keywords:

Manajemen risiko, Instalasi Farmasi

Abstract

Manajemen Risiko merupakan suatu cara dalam mengorganisir suatu risiko yang akan dihadapi dengan cara mengurangi risiko. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen risiko yang diterapkan di Instalasi Farmasi RS X Manado berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian terkait manajemen risiko yang meliputi menentukan konteks, mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, serta mengatasi risiko. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Risiko di RS X belum berjalan dengan efektif. Terdapat 8 risiko yang teridentifikasi 2 diantaranya didapatkan dari laporan insiden dan 6 lainnya berdasarkan wawancara dan observasi, hal ini menunjukkan bahwa risiko belum dapat teridentifikasi secara menyeluruh. Instalasi Farmasi juga belum bisa menentukan tingkat dari keparahan risiko serta penanganan risiko yang hanya dilakukan saat risiko terjadi. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa kendala diantaranya, tidak adanya monitoring, beban kerja tinggi serta tidak adanya pelatihan yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan manajemen risiko di RS X Manado belum efektif secara keseluruhan.

References

Almira Hasna Zulfany. 2017. Analisa Risiko Pada Activities Proses Bisnis Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jemusari Surabaya Dengan Menggunakan Metode Failure, Mode, Effect, and Criticality Analysis (FMECA). [Tesis]. FTI Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Dessler, Gary. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Dumitrascu, Sorin. (2018). Risk Management: A Practical Guide. New York: Wiley.

Fitria, H., & Husaini. (2019). Manajemen Kepemimpinan pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan). 4(1), 43–54.

Hasibuan, Malayu S.P, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Hwang Jl, Lee SI and Park HA., (2012). Barriers to the Operation of Patient Safety Incident Reporting System in Korea General Hospital. Healtcare Informatics Research. 2012; 18(4): 279-286.

Khansa M Djatnika, Septo P Arso dan Sutopo P Jati. (2018) Analisis Pelaksanaan Manajemen Risiko di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang Tahun 2018. [Skripsi]. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nauman, M. & Bano, R., (2014). Implementation of Quality Risk Management (QRM) in Pharmaceutical Manufacturing Industry. IOSR Journal of Pharmacy and Biological Sciences, 9(1), pp. 95-101Safitri, Ayu. 2018. Optimasi Asam Stearat dan Tea Pada Formula Sediaan Krim Ekstrak Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) [KTI]. Surakarta. Program Studi DIII Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional.

Widodo, Harijanto. 2015. Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Malang. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 28(2).

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Van Woesik, M. S., Lolo, W. A., & Rundengan, G. E. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Risiko di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Manado. PHARMACON, 13(1), 457–463. https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49438

Issue

Section

Articles