Pengaruh Pelayanan Kefarmasian terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD X

Authors

  • Nia Rahmania Potabuga Universitas Sam Ratulangi
  • Gayatri Citraningtyas Universitas Sam Ratulangi
  • Imam Jayanto Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49940

Keywords:

Pelayanan kefarmasian, kepuasan, loyalitas

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh tenaga kesehatan sangat penting dalam upaya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pada pasien. Pelayanan kefarmasian yang baik dapat meningkatkan kepuasan pada pasien yang kemudian akan mengciptakan loyalitas pasien yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas pasien di Instlasi Farmasi RSUD X, serta melihat apakah ada pengaruh dari pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di Instalasi Farmasi RSUD X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 75% pasien di Instalasi Farmasi menyatakan puas dan 22,7% menyatakan cukup puas dengan pelayanan kefarmasian. 45,5% pasien menyatakan loyal dan 47,7% meyatakan cukup loyal terhadap Instalasi Farmasi di RSUD X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan kefarmasian memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di Instalasi Farmasi RSUD X.

Kata kunci: Pelayanan kefarmasian, kepuasan, loyalitas

References

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Akbari, V. S., S. L. Kusuma, A. Kunaedi, I. Setyaningsih. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang Tahun 2022. Journal of Pharmacopolium. 5(2) : 4-7.

Apriani Ramadhan, Batubara. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Pada Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara . Jurnal Rekam Medik. 2(1) : 1-12.

Denise Cristianty Pareraway, H. T. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kefarmasian di instalasi Farmasi RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT. 5(4) : 1-6.

Dewi, S. K., dan Sudaryanto A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pencegahan Demam Berdasar. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; Surakarta. Hal : 73-79.

Fattah, A. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah 1 Makassar Tahun 2016. [skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Kawahe, Monika., C. K. F. Mandagi, P. A. T. Kawatu. (2015). Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT. 4(4) : 2-8.

Kementrian Kesehatan. (2016). Permenkes No 72 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta.

Kusumaningtyas, T. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Loyaltas Pasien Umum Rawat Jalan RSUD Kota Madiun. [skripsi]. STIKES Bhakti Husada Mulia, Madiun.

Masram, M. (2014). Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralohan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Rizkia E, dan Mulyaningsih H. D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Jalan Pesera BPJS Kesehatan di RSUD Al Ihsan Kabupaten Bandung). eProceedings of Management. 4(2) : 2-7.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Potabuga, N. R., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2024). Pengaruh Pelayanan Kefarmasian terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD X. PHARMACON, 13(2), 564–571. https://doi.org/10.35799/pha.13.2024.49940

Issue

Section

Articles